Yuk Nabung Saham

Dengan Rp100 Ribu Sudah Bisa Beli Saham

Dengan Rp100 Ribu Sudah Bisa Beli Saham

PEKANBARU, RanahRiau.com - Yuk nabung saham adalah Program baru yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu dengan menggunakan uang sebesar Rp100.000 masyarakat sudah bisa membeli saham. Program ini resmi diluncurkan pada November tahun lalu dengan menghadirkan langsung Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla.

"Dengan program baru ini diharapkan sasarannya menjadi lebih luas tidak hanya masyarakat kelas menengah keatas tetapi mahasiswa pun bisa," ujar kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan Provinsi Riau, Emon Sulaiman, Rabu.

Menurutnya sudah saatnya masyarakat menggunakan pasar modal untuk berinvestasi.

"Karena di pasar modal adalah berinvestasi jangka panjang sementara investasi di perbankan adalah  bentuk investasi jangka pendek," lanjutnya.

Ia menjelaskadn mengapa dengan uang Rp100.000 saja sudah dapat membeli saham karena harga saham sebenarnya sangat murah.

"Harga saham paling kecil Rp50 rupiah dengan pembelian 1 lot, dimana 1 lot adalah 100 lembar maka dengan uang Rp5000 rupiah sudah bisa membeli saham," terangnya.

Namun demikian harga masing-masing saham perusahaan perlembarnya akan berbeda-beda tetapi menurutnya akan tetap terjangkau.

"Misalnya saham Telkomsel saat ini sekitar Rp3.300 rupiah maka dengan pembelian 1 lot hanya membutuhkan uang Rp330.000, sudah ikut memiliki saham perusahaan tersebut," tambahnya.

Ia menambahkan program Yuk Nabung Saham sudah direalisasikan dengan beberapa kampus besar di Provinsi Riau dengan menandatangi Memorandum of Understanding (MoU).

"Ada tiga Universitas yang MoU yaitu UIN Suska Riau, Politeknik Caltex Riau (PCR), dan Universitas Riau, sementara yang sedang dalam proses Universitas Lancang Kuning dan Universitas Muhamadiyah Riau,"tutupnya. (Ant)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :