2016 Nihil Pengangkatan

Bengkalis Kekurangan Tenaga Pendamping Desa 55 Orang

Bengkalis Kekurangan Tenaga Pendamping Desa 55 Orang

BENGKALIS, RanahRiau.com - Tahun ini, sudah dipastikan tenaga pendamping desa (PD) baik bidang ekonomi maupun pembangunan mengalami kekurangan, dibandingkan dengan 2015 lalu. Dari jumlah yang sudah menerima SK kontrak tahun ini, jumlah PD bidang ekonomi 97 orang ditempatkan di 155 desa/kelurahan. Sedangkan, PD bidang pembangunan 70 orang untuk di tempatkan di 136 desa.

Sementara pada 2015 lalu, jumlah keseluruhan PD 222 orang, untuk PD ekonomi 129 sedangkan PD bidang pembangunan 93 orang. Artinya, 2016 ini tenaga PD baik untuk ekonomi dan pembangunan kekurangan 55 orang. Padahal, idealnya satu desa didampingi 1 PD ekonomi dan 1 PD pembangunan.

Kepala BPMD Bengkalis melalui Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) Asnurial mengakui bahwa untuk tahun ini PD mengalami kekurangan. Sehingga, untuk melaksanakan tugas di lapangan, 1 PD harus menangani dua sampai dengan tiga desa.

“Memang tahun ini mengalami kekurangan jika dibandingkan dengan 2015 lalu,” ungkapnya, Selasa (16/3/16).

Terkait dengan perekrutan karena masih adanya kekurangan itu, Asnurial mengatakan, untuk tahun ini dipastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis tidak melakukan penerimaan hingga 2017 mendatang. “Tahun ini perekrutan tidak masuk dalam agenda rencana kerja. Jadi, tidak bisa dilakukan penerimaan pendamping, paling tidak sampai tahun 2017 mendatang,” katanya lagi.

Dibagian lain, Asnurial juga menyebutkan, tahun ini ada rencana dari pemerintah pusat untuk mengutus tenaga PD dan pendamping lokal desa (PLD). Namun pihaknya masih menunggu ‘suplai’ dari pusat tersebut.

“Informasi yang sudah kita terima ada sekitar 35 orang yang sudah lulus dan akan di tempat di Kabupaten Bengkalis. Namun, belum diketahui secara pasti kapan waktunya diterjunkan ke daerah. Kedatangan mereka nanti, jelas akan disinergikan dengan kebutuhan dan keperluan kita di daerah,” imbuhnya. (Rtc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :