H-1 Lebaran, Kadiskes Monitor dan evaluasi PSST dibandul

H-1 Lebaran, Kadiskes Monitor dan evaluasi PSST dibandul

BANDUL, RANAHRIAU.COM- Meskipun H-1 Aidil Fitri 1441 H yang insya Allah akan dilaksanakan pada hari minggu 24 Mei 2020, Kadiskes Kep. Meranti menyempatkan waktunya untuk berkunjung di desa Bandul dalam hal Monitoring dan Evaluasi PSST yang juga dihadiri camat tasik putri puyu Kabupaten Kepulauan Meranti Sugiati S.Pi.,M.Si, Sabtu (23/05/2020).

Kepada dinas kesehatan menjelaskan didalam ruangan puskesmas dihadiri puluhan petugas dan mendapat respon baik selama kegiatan monitoring dan evaluasi berlangsung “Meskipun suasana esok hari raya aidil fitri 1441 H, kami dan relawan bersama gugus tugas covid-19 tetap semangat memotivasi ,mengedukasi, evaluasi  khususnya petugas yang berada pada wilayah PSST baik dipuskesmas maupun di desa .”Ujar dr. H. Misri Hasanto M. Kes 

Dr. H. Misri Hasanto M. Kes juga meminta kepada kepala puskesmas dokter Ervi Untuk memberikan apa saja yang telah dilakukan baik itu berbentuk keluhan, kebutuhan selama penerapan PSST di kecamatan tasik putri puyu.

“kami ingin memastikan kebutuhan kita disini selama bertugas, situasi lebaran ini kami prediksikan banyak beraktivitas diluar dalam rangka bersilaturahmi sanak keluarga agar efektif dalam penanganan tersebut agar diperketat dalam wilayah PSST, Kemudian masyarakat hendaknya berkerjasama dalam menjalankan protokoler kesehatan yang telah diberikan puskesmas sering mencuci tangan memakai sabut, pakai masker, social distencing dan lain sebagainya”. Sebut kadiskes kep. Meranti

Kemudian kadiskes juga menyampaikan perkembangan informasi petugas PDP yang dirawat diselatpanjang.

 “disisi lain petugas covid-19 di ruang Isolasi rawat inap mereka juga berjuang meninggalkan keluarga agar pasien segera pulih, Menurut teori episentrumnya potensi penularan ada diwilayah kecamatan tasik putri puyu khususnya bandul, maka dari itu petugas wajib waspada juga saat bertugas, dengan kehadiran kami disini dapat memberikan semangat, motivasi ini merupakan bentuk perhatian, atensi kami kepada seluruh petugas”. Jelas dr. H. Misri Hasanto M. Kes. kadiskes juga membawa beberapa logistik kebutuhan puskesmas seperti vitamin dan lain sebagainya.

“saya disini juga meninggalkan keluarga persiapan menyambut lebaran, dan mewakili pemerintah kabupaten kepulauan meranti mengucapkan selamat bertugas dan selamat berhari raya minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin, semoga kita semua diberikan perlindungan oleh tuhan yang maha esa”.

 “terkait dengan keluhan kami hanyalah kekurangan masker yang didistribusikan dari puskesmas kepada  petugas, namun belum stabil dilapangan karna posko kami 2 tempat dan 1 hari bisa menghabiskan 2 box masker dalam satu posko. perlu kita ketahui kebutuhan logistik kita saat ini sangat terbatas. sebab masker tersebut bukan hanya diperuntukkan oleh petugas saja.

Selain itu didistribusikan kepada masyarakat yang melintasi posko tersebut. Sebut kepala puskeskesmas dr. Ervi saat kegiatan monitoring dan evaluasi berlansung.

Selanjutnya “kendala dilapangan jika ada masyarakat yang ingin rapites harus perdusun agar kami dapat mendata dengan cepat. Kami harus ekstra sabar, kuat dalam pelayanan selama PSST berlangsung, kemudian kami menerima keluhan teman-teman disini tidak dapat berkumpul bersama keluarga ini adalah salah satu bentuk pengorbanan kami agar potensi penyebaran covid-19 segera teratasi”. Tutup Kepala Puskesmas kecamatan tasik putri puyu. dr. Ervi.

Camat tasik Putri Puyu, Sugiati S.Pi., M.Si menjelaskan “sesuai intruksi PSST harus diperketat yang pertama kami lakukan adalah pembuatan pos jaga antar desa, pos satu yang menghubungkan desa bandul dengan desa selat akar, yang kedua desa bandul dengan desa kudap, ketiga dipelabuhan, untuk mesupport kami melakukan penjagaan, pengawasan, pemantauan, pendataan di pelabuhan penumpang seperti dipelabuhan dedap, tanjung padang, tanjung pisang, kami tim solid bersama puskesmas setempat untuk bersama-sama menangani potensi penyebaran covid-19 kewilayah lain”. Tutup camat tasik putri puyu.

Setelah itu kadiskes melanjutkan sosialisasi kepada masyarakat bersama camat tasik putri puyu dan dilanjutkan menjenguk anak-anak stanting yang ada di desa bandul tersebut.

 

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :