Sosialisasikan 4 Pilar di SMA Bangko

SMA Jangan Melek Terhadap Penyelenggaraan Negara

SMA Jangan Melek Terhadap Penyelenggaraan Negara

BANGKO, ROHIL -  Sebagai bentuk tanggung jawab bersama mencerdaskan generasi bangsa, MPR RI menggelar Sosialisasi pemahaman 4 Pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, di SMA N 1 Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Senin (4/9/17).

Anggota DPD/MPR RI dapil Riau, Intsiawati Ayus mengatakan, berdasarkan amanah UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), maka MPR RI memiliki kewenangan untuk melakukan sosialisasi empat pilar untuk pembentukan karakter bangsa.

Nilai-nilai yang terkandung dari 4 Pilar sangat kaya manfaatnya terlebih bagi generasi muda usia sekolah. Mulaid dari rasa toleransi, hinga semangat cara bergaul juga dipaparkan jelas disini.

"Terkadang mereka sedikit tidak mau tau terhadap penyelenggaraan negara apalagi yang berbau politik. Bukan salah mereka sepenuhnya, mungkin juga banyak dari mereka yang belum memahaminya. Maka dari Sosialisasi 4 Pilar ini kita sampaikan secara satu-persatu nilai dari masing-masing Pilar," papar Intsiawati kepada awak media.

Selain itu, untuk urusan politik kebanyakan siswa masih menutup mata untuk ini. Padahal, usia mereka yang menjadi pemilih pemula harus tau kemana arah tujuan pilihan kelak.

"Partisipasi mereka juga berpengaruh dalam Pemilu. Kita ajak juga mereka untuk tidak 'melek politik' dan jangan Golput. Sebab seluruh kebijakan yang lahir dari Pemerintah Pusat hinga daerah itu, merupakan hasil dari kompromi politik." tandasnya.

Maka ia berharap, dengan sudah dugelarnya Sosialisasi 4 Pilar sembari juga memberikan pemahaman politik, Siswa tidak lagi acuh terhadap seluruh penyelenggaraan negara. (Afs)

Editor : Ahnof
Komentar Via Facebook :