Riau Berduka, Tokoh Pejuang Abbas Jamil Meninggal Dunia

Riau Berduka, Tokoh Pejuang Abbas Jamil Meninggal Dunia

PEKANBARU, RanahRiau - Pejuang kemerdekaan Republik Indonesia asal Riau, Kol (Purn) Abbas Jamil,telah meninggal dunia pada Rabu (7/1/15) di rumah duka Jalan Sukarno Hatta Gang Belimbing, nomor 9, Kelurahan Lbuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki.

Dari informsi yang dirangkum RanhRiau.com, memang sejak beberapa bulan terakhir kondisi kesehatan beliau sudah menurun. Pada bulan November lalu Abbas Jamil sempat dirawat di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru,, karena stroke yang diderita semakin akut.

Wafatnya Abbas Jamil membuat masyarakat Riau merasa kehilangan tokoh yang getol memperjuangkan kemerdekaan di Riau.

"Dulu, di batu satu dekat pasar Kodim ada hotel bersejarah dengan nama Monbatten Hotel atau setelah diganti nama menjadi Merdeka Hotel, itu dulunya tempat Pembuangan tentara Belanda yang diusir oleh Australia. Di hotel itu Belanda menaikkan benderanya persis yang dilakukan oleh tentara belanda di Surabaya," katanya saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI 17 Agustus 2014 lalu di halaman kantor Gubri. (dikutip dari rri.co.id).

Ia wafat pada usia 89 tahun, setelah sempat menjadi pengurus Legiun Veteran Riau, yang memantau dan mengkritisi berbagai persoalan sosial dan kemasyarakatan.

Abbas Jamil direncanakan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Darma Pekanbaru pada hari ini usai sholat Zuhur. (RanahRiau/Nof)

Editor : Ahnof
Komentar Via Facebook :