Permasalahan Pulau Rempang, Ketua DPP Lemtari: Pemerintah harus mengedepankan Nilai-nilai Pancasila

Permasalahan Pulau Rempang, Ketua DPP Lemtari: Pemerintah harus mengedepankan Nilai-nilai Pancasila

Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Tinggi Masayrakat Adat Republik Indonesia, Suhaili Husein gelar Datuk Mudo minta Pemerintah untuk mengedepankan Nilai-Nilai Pancasila dalam menyikapi Permasalahan yang terjadi di Pulau Rempang

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM- Lembaga Tinggi Masyarakat Adat Republik Indonesia (LEMTARI) prihatin dengan Persoalan yang terjadi di Pulau Rempang Batam, hal ini disampaikan oleh Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat LEMTARI Suhaili Husein Dt. Mudo kepada wartawan disela-sela kesibukannya, Sabtu (09/09/2023).

"Melihat kejadian yang ada di kepulauan Riau sejatinya warga tidak menolak adanya investasi ,hanya saja tidak mau di gusur atau di relokasi sepihak , pasalnya tanah yang mereka diami sejak tahun 1834 tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi dan peninggalan leluhur mereka", ujarnya.

Lebih lanjut Dt. Suhaili mengatakan perlu adanya sikap arif dan bijak dari Pemerintah dan Stakeholder dalam mencari solusi sehingga tidak menimbulkan konflik dengan masyarakat, "Sebaiknya pemerintah dengan adanya masalah sengketa tanah, harusnya lebih Arif dan bijak dalam penyelesaian dengan warga, jangan memaksakan kehendak dan kemauan sendiri saja, pikirlam juga hak-hak masyarakat setempat, dan untuk aparat keamanan seharusnya memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat , bukan adanya bentuk intimidasi dan kekerasan kepada warga", sebutnya.

Pemerintah juga menurut Dt. Suhaili harus menghindari sikap terburu-buru dan gegabah dalam Permasalahan ini, "Mereka juga manusia yang memiliki hak hidup ,hak Ulayat yang juga diakui keberadaan oleh Negara dan hak bersejarah, jangan sampai terkesan pemerintah terburu-buru dan berada dalam tekanan pihak tertentu", jelasnya.

Dirinya berharap dalam hal ini Pemerintah harus lebih mengedepankan nilai-nilai Pancasila, "Saya berharap dalam masalah ini pemerintah harus mengedepankan nilai-nilai Pancasila ,keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan kemanusiaan yang adil dan beradab , dan harus ada ruang-ruang dialog yang menjujung tinggi nila-nilai kemanusiaan", ucapnya.

 

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :