Bujang Palala Berhasil Menorehkan Tinta Emas di Talontam Benai

Bujang Palala Berhasil Menorehkan Tinta Emas di Talontam Benai

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Setelah berhasil meninabobokan Jalur/Perahu Andalan dari desa Rantau Sialang, kecamatan Kuantan Mudik, pada putaran Semifinal di ajang Pacu Jalur yang digelar oleh BUMDes Talontam Benai, Jalur Bujang Palala Karang Taruna Kuansing, dari Musalo Kopah akhirnya melaju ke putaran final segitiga.

Diketahui pada putaran sebelumnya, Meski Jalur Palo dari Lubuk Jambi menang saat berhadapan dengan Tim JOVI dari Talontam Benai (Tuan rumah) namun kedua buah Jalur harus kembali mengulang perpacuan sebab, bendera pelepas belum jatuh, bertanda pelepasan belum sah.

Kendati demikian, untuk pengulangan perpacuan tersebut tetap dimenangkan untuk keduakalinya oleh jalur Pallo dari Rantau Sialang, sehingga berhasil melaju ke putaran Semifinal

Sebelumnya, Jalur Pallo dari Rantau Sialang kecamatan Kuantan Mudik ini telah diprediksi banyak pengunjung di lokasi, akan bertemu di Final dengan jalur Bujang Palala Karang Taruna Kuansing dari Kenegerian Kopah.

Namun sangat disayangkan kedua buah Jalur/Perahu tersebut telah ditetapkan berlawanan setelah dilakukan pencabutan undian di putaran Semifinal.

Sorak Sorai ribuan penonton di sepanjang arena Pacu Jalur tepatnya di Taman Impian Rawang Udang desa Talontam Benai pun tak terhindarkan ketika kedua Jalur tersebut berpacu, karena memang jalur yang diprediksi bakal final itu telah berlaga di semifinal.

Setelah berhasil mengalahkan Jalur Pallo dari Rantau Sialang itu, ternyata membuat mulus jalan Bujang Palala Karang Taruna Kuansing untuk menduduki peringkat pertama setelah mengalahkan kedua lawannya pada Final segitiga, yakni Jalur Mamacak dari Talontam, Pasir Alui dari Banjar Benai.

Pada putaran final segitiga, Jalur semata wayang dari tuan rumah yakni Mamacak, berhasil mengalahkan Jalur semata wayang dari Desa tetangga Banjar Benai dengan Kemenangan setipis kulit bawang hingga melihat Layar monitor.

Setelah dipastikan menang, Jalur Mamacak kembali lagi ke pancang Start untuk berhadapan dengan Bujang Palala Karang Taruna Kuansing, yang sudah stanby di pancang Start.

Putaran Final berlangsung sengit, Sorak Sorai penonton dari tuan rumah dan supporter dari Bujang Palala Karang Taruna Kuansing menggema, Petasan mewarnai langit di sekitar arena perpacuan menggambarkan kemeriahan Pacu tersebut. Alhasil Bujang Palala Karang Taruna Kuansing muncul sebagai Juara.

Untuk diketahui, urutan juara pada Pacu Perahu Bumdes Cup Desa Talontam Benai yakni ; Bujang Palala Karang Taruna Kuansing berhasil meraih juara 1, kemudian disusul jalur Mamacak untuk juara 2, dan Jalur Pasir Alui harus pasrah pada urutan ketiga.

Informasi yang berhasil dirangkum ranahriau.com dilapangan, tahun ini merupakan tahun perdana diadakannya kegiatan Pacu Perahu tersebut di Taman Impian Rawang Udang.

Kepala desa Talontam, Epi Alfonso menjelaskan, Perlombaan yang ditajah BUMDes Talontam ini adalah bertujuan sebagai ajang silaturahmi hari raya Idul Fitri 1443 H. di Taman Impian Rawang Udang.

"Dalam momen ini, Taman Impian Rawang Udang (TIRU) mengambil kesempatan untuk berbenah diri membangkitkan nama yang pernah ada, dengan tujuan menggeliatkan perekonomian masyarakat, dan juga sebagai ajang silaturahmi pemuda dan masyarakat se-kenegerian Benai," ujar Kepala desa Talontam, Epi Alfonso

Epi Alfonso berharap, Mudah-mudahan dengan kesempatan seperti ini, Taman Impian Danau Rawang Udang akan lebih baik dan semakin eksis untuk kedepannya.

Selain kepala desa, hal senada juga diungkapkan ketua pelaksana Pacu Perahu, Fitriadi. Ia mengatakan, kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin setiap tahunnya di desa Talontam.

"Harapan kita, kegiatan ini dapat mengobati rasa rindu sanak saudara yang baru pulang dari perantauan dan tidak bisa nantinya menyaksikan secara langsung Pacu Jalur pada event Nasional di Teluk Kuantan," kata Fitriadi.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :