Dibukanya Port Internasional Dumai-Malaka, Imigrasi Dumai Siap Melayani Orang Asing

Dibukanya Port Internasional Dumai-Malaka, Imigrasi Dumai Siap Melayani Orang Asing

DUMAI, RANAHRIAU.COM - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia kembali membuka Pelabuhan Internasional Dumai - Malaka, Kamis (5/5/2022). Pelabuhan Internasional ini telah dua tahun tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19. 

Gubernur Riau, Syamsuar secara resmi membuka kembali pengoperasian Terminal Penumpang Pelabuhan Internasional Dumai yang turut disaksikan Forkopimda Riau dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dumai, Rejeki Putra Ginting yang mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd.Jahari Sitepu.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah mengizinkan dibukanya kembali Pelabuhan Internasional Dumai - Malaka. 

"Dengan dibukanya pelabuhan hari ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau khususnya masyarakat Kota Dumai," kata Gubernur Riau, Syamsuar di kutip dari laman akun FB Imigrasi Bengkalis. 

Syamsuar mengatakan, dibukanya Pelabuhan Internasional Dumai - Malaka (Malaysia) akan meningkatkan jumlah wisata di Riau. Sehingga akan membangkitkan ekonomi daerah terutama ekonomi kreatif, kuliner, perhotelan, dan lainnya. 

"Pembukaan kembali Pelabuhan Internasional Dumai - Malaka juga dinilai sebagai salah satu bentuk pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19," ujar Syamsuar. 

Sebelumnya, mengawali acara, Walikota Dumai yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Dumai, Indra Gunawan mengungkapkan langkah-langkah taktis telah dilakukan berupa tinjauan secara umum, suplai listrik, pemindai suhu dan peralatan lainnya siap dioperasikan.

Sementara itu, Kepala Kemenkumham Riau, Mhd.Jahari Sitepu menyampaikan, kesiapan jajarannya dalam hal ini adalah petugas Imigrasi Dumai dalam melayani orang asing. Jahari telah memastikan seluruh jajaran imigrasi telah siap melaksanakan tugas sesuai aturan walau telah lama vakum dari pelayanan orang asing.

“Sarana dan prasarana sudah kami siapkan. Petugas kami juga siap menyambut dan melayani para orang asing yang akan memasuki maupun yang keluar dari Dumai ini. Kemenkumham Riau siap menjaga pintu gerbang negara," kata Jahari.

Editor : Eriz
Sumber : Imigrasi Bengkalis
Komentar Via Facebook :