Trend Instagram Add Yours, Menjadi trend mempermudah penipu

Trend Instagram Add Yours, Menjadi trend mempermudah penipu

RANAHRIAU.COM- Para pengguna Instagram pastinya tau akan kemunculan stiker baru di Instagram yaitu “Add Yours” karena awal Oktober lalu Instagram meluncurkan fitur barunya tersebut.Apalagi beberapa belakangan ini stiker tersebut sering kerap lewat di story teman teman kita dan menjadi trend yang seru karena mereka mengajak followers untuk mengikuti tantangan yang dibuat seperti (sebutkan variasi nama panggilan kamu,tunjukan foto masa kecil dll)

Namun keseruan fitur terbaru Instagram ini malah di jadikan kesempatan bagi orang orang yang tidak bertanggung jawab seperti mengumpulkan data data yang orang orang berikan melalui fitur tersebut seperti (nama orang tua,nama panggilan,makanan kesukaan,hingga alamat rumah)sehingga penipu dengan mudah meyakinkan korbannya melalui info info yang sudah mereka kumpulkan.

Baiklah coba kita sekarang berpikir sebagai seseorang kriminal,dengan bermodalkan apa yang orang orang share melalui stiker “Add Yours” tersebut.

Assalamualaikum,(nama panggilan),ini papah nak ,papah abis kecopetan ini menggunakan hp orang,tolong kirimin papah uang nak ke no rek xxxx bisa ga? Nanti pulang sekalian papah beliin (makanan kesukaan) kamu , jangan bilang (nama ibu) dulu ya nanti papa di marahi. Semakin mudah untuk menipu seseorang hanya bermodalkan stiker Instagram.

Jadi trend ini sebenarnya adalah modus manipulatif untuk melakukan sesuatu atau menyerahkan informasi pribadi dengan sengaja. Mulai sekarang kita harus lebih berhati hati pada apapun termasuk trend trend sekarang , karna keseruan tersebut yang membuat kita tertipu sehingga kita tidak sadar sebenarnya kita sudah memberi informasi informasi pribadi kita dengan secara sukarela

Editor : Abdul
Sumber : M. Zainul Arifin Mahasiswa Universitas Abdurrab
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :