Tips menanam anggur di Pekarangan rumah ala Pak Junaidi

Tips menanam anggur di Pekarangan rumah ala Pak Junaidi

RANAHRIAU.COM- Sejak pandemi virus Covid-19, kegiatan menanam tanaman bunga, sayur, dan buah menjadi salah satu hobi baru yang dilakukan banyak orang. Tak menjadi masalah ketika tidak memiliki lahan besar karena menanam dapat dilakukan di pot atau polybag Di perkarangan rumah kitaa,selain menjadi hobi menanam saat pandemi ini Kita juga dapat memanen sayur dan buah untuk kita konsumsi sendiri. 

Junaidi adalah salah satu warga yang saya temui sangat hobi bertanam di perkarangan rumah nya,di perkarangan rumah pak Junaidi sangat banyak tanaman" yang sangat bermanfaat contoh nya anggur,setiap saya lewat rumah pak Junaidi saya selalu melihat buah anggur yang pas di depan rumah pak Junaidi sangat banyak dan subur, berbagai macam varian anggur nya,  mulai dari anggur jupiter, transfiguresi dan gourmet. ”Kalau anggur jupiter itu buah nya kecil-kecil kalau untuk rasanaya tidak terlalu manis dan tidak terlalu asam kalau buah anggur transfiguresi dan gourmet ini buah nya besar- besar dan sangat manis”, ujarnya.

Untuk penanaman nya selama 1 tahun, dalam 1 tahun ini pak Junaidi bisa memanen 4 kali dalam 1 tahun nya dan ini udah buah yang ke 4 kali nya. Saat tanaman anggur berumur 4 bulan pak Junaidi mencoba  untuk membuahi anggur tersebut dan ternyata berhasil hingga buah nya banyak seperti ini. Nahh sekarang kita masuk ke tips cara membudidaya anggur menurut pak Junaidi yang pertama kali bibitnya, pilihlah bibit anggur yang betul-betul terbukti bisa membuahi anggurnya.

Kedua itu media tanam pot atau polybag nya harus betul betul poros dalam artian tidak mengendap kan air terlalu lama cara buat pot jadi poros dengan campuran sekam mentah atau sekam bakar pupuk kompos dan Kohe beri tanah sedikit saja,agar nanti begitu disiram langsung diserap sama medianya.

Ketiga yaitu pupuk vegetatif untuk pertumbuhan dari kita mulai berunding ke tanah sampai dia benar-benar mampu untuk berbuah kita beri pupuk vegetatif, pupuk ini bisa dari organik ataupun kimia untuk organiknya itu dari kotoran hewan kambing atau kerbau yang sudah difermentasikan, bisa juga memakai pupuk kimia seperti NPK 16-16-16 tahap keduanya kalau sudah rasa-rasa sudah mampu untuk berbuah itu tandanya bakal pohonnya berubah warna menjadi coklat, kalau sudah berubah coklat itu bisa dibuahkan. Sebelum dibuahkan kita berikan pemupukan kimia yang pertama itu NPK yang kedua kno3 putih yang ketiga simporan jika ada saja, sebelum pemupukan pohon yang kita buahkan harus kita proning dulu di mana batang yang kita proning itu batang tersier nya untuk batang anggur memiliki 3 batang untuk batang pertama itu dikatakan batang primer yang kedua skunder untuk cabang-cabangnya itu tersier untuk pembuahannya ia berada di tersier, dahan tersier sebelum pembuahan itu dahannya harus kita pangkas atau pruning dulu, 1 bulan sesudah itu kita beri pupuk rutin 1 minggu sekali setelah dipupuk kemungkinan ia untuk berbuah itu nanti pas tumbuh tunas baru biasanya dia membawa bunga. Untuk pohon anggur ini dia jenis tanaman yang tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering kita mau tak mau harus menyediakan media tanam yang poros yang poros artinya itu begitu disiram airnya turun.

Untuk penyiraman kalau medianya rasanya lembab itu tidak perlu kita siram kalau tanahnya kering cukup satu kali sehari di pagi hari atau di sore hari, dan untuk mengatasi penyakit di tumbuhan anggur kita bisa menggunakan pestisida ataupun anti jamur bisa di sebut fungsi Sida seminggu sekali.

''Tak perlu pusing lagi jika ingin membeli bibit anggur yang bisa subur dan banyak buah nya seperti bibit anggur pak juanaidi di sini pak Junaidi juga menjual bibit anggur nya. Saya tidak berani menjual bibit anggur yang tidak bisa berbuah karena sebelum saya jual bibit ini bakal saya tanam dulu jika sudah berbunga itu saya berani jual,saya tidak mau pelanggan yg sudah membeli kecewa lantaran ingin mempunyai tanaman yg subur tetapi tidak berbuah” paparnya.

Pak junaidi pun telah banyak menjual bibit anggurnya kepada tetangga-tetangga nya dan yang sudah membeli bibit anggur pak junaidi sudah pasti berhasil dan anggurnya sudah pasti berbuah, jika memang teman-teman ada yang ingin menanam pohon anggur juga, bisa hub wa: 082174719743


 

Editor : Abdul
Sumber : rilis
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :