Dapat Penghargaan Emas dari Austria, Avip Priatna harumkan nama bangsa

Dapat Penghargaan Emas dari Austria, Avip Priatna harumkan nama bangsa

JAKARTA, RANAHRIAU.COM- Di tengah situasi pandemi yang masih tidak menentu ini, seorang putra terbaik Indonesia di bidang musik membawa kabar yang menyejukkan. Avip Priatna Mag.Art, salah satu konduktor Paduan Suara dan Orkestra terkemuka di tanah air telah mendapat penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Austria berupa Medali Emas The Decoration of Honour in Gold for Services to the Republic of Austria atau Order of Merit of the Austrian Republic (Ehrenzeichen für Verdienste um die Republik Österreich). 

Penghargaan ini diperoleh Avip, berkat kiprahnya yang aktif dalam membina kerjasama dan pertukaran budaya antara Indonesia dan Austria, sekaligus mempromosikan Austria sebagai negara Musik dan Budaya, termasuk membantu musisi-musisi dan artis-artis Austria untuk tampil di Indonesia dan juga sebaliknya. Avip Priatna konsisten menyelenggarakan konser-konser musik di Indonesia bersama kelompok orkes dan paduan suara bimbingannya yang kerap mengangkat karya-karya komponis Austria serta menjalin komunikasi yang erat antara Indonesia dan Austria melalui Kedutaan Besar Republik Austria di Jakarta. 

Avip mengungkapkan, “Merupakan suatu kebanggaan bagi saya diberi kepercayaan oleh Pemerintah Republik Austria untuk menerima penghargaan ini, sebuah kejutan yang luar biasa. Ini menjadi pendorong semangat bagi saya untuk terus mengembangkan musik klasik dan paduan suara yang bisa dinikmati banyak orang, khususnya generasi muda agar lebih dekat musik simfoni, baik simfoni orkestra maupun simfoni lokal. Semoga penghargaan ini dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk turut serta mengharumkan nama bangsa dan negara kita di bidang keahliannya masing-masing, serta  dapat menjadi angin segar bagi bangsa Indonesia.” 

Berangkat dari hal tersebut, Avip Priatna juga dianggap sebagai Duta Budaya (Cultural Ambassador) Negara Austria di Indonesia. Prestasi yang membanggakan ini mendapat apresiasi dari Bakti Budaya Djarum Foundation, yang senantiasa meningkatkan kecintaan dan apresiasi masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia. Bakti Budaya Djarum Foundation juga kerap mendukung insan kreatif untuk terus berkarya, menggali potensi, mengembangkan dan melestarikan keindahan, serta keragaman budaya Indonesia. 

”Avip Priatna senantiasa mengukir prestasi dengan beragam penghargaan bagi dirinya maupun kelompok musik yang didirikannya seperti Jakarta Concert Orchestra (JCO), Batavia Madrigal Singers (BMS), dan juga The Resonanz Children’s Choir (TRCC). Selamat kepada Avip Priatna atas prestasinya dalam mengharumkan nama bangsa. Kami harap, prestasinya dapat membangkitkan semangat masyarakat Indonesia untuk turut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia dan mengukir prestasi, baik di dalam maupun di luar negeri,” Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation. 

***

Sekilas tentang BAKTI BUDAYA DJARUM FOUNDATION

Sebagai salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, PT Djarum memiliki komitmen untuk menjadi perusahaan yang turut berperan serta dalam memajukan bangsa dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempertahankan kelestarian sumber daya alam Indonesia.
 
Berangkat dari komitmen tersebut, PT Djarum telah melakukan berbagai program dan pemberdayaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di masyarakat dan lingkungan selama kurun waktu 60 tahun. Pelaksanaan CSR ini dilaksanakan oleh Djarum Foundation yang didirikan sejak 30 April 1986, dengan misi untuk memajukan Indonesia menjadi negara digdaya yang seutuhnya melalui 5 bakti, antara lain Bakti Sosial, Bakti Olahraga, Bakti Lingkungan, Bakti Pendidikan, dan Bakti Budaya. Semua program dari Djarum Foundation adalah bentuk konsistensi Bakti Pada Negeri, demi terwujudnya kualitas hidup Indonesia di masa depan yang lebih baik dan bermartabat.
 
Dalam hal Bakti Budaya Djarum Foundation, sejak tahun 1992 konsisten menjaga kelestarian dan kekayaan budaya dengan melakukan pemberdayaan, dan mendukung insan budaya di lebih dari 3.500 kegiatan budaya. Beberapa tahun terakhir ini, Bakti Budaya Djarum Foundation melakukan inovasi melalui media digital, memberikan informasi mengenai kekayaan dan keragaman budaya Indonesia melalui sebuah situs interaktif yang dapat diakses oleh masyarakat luas melalui www.indonesiakaya.com. Kemudian membangun dan meluncurkan "Galeri Indonesia Kaya" di Grand Indonesia, Jakarta pada 10 Oktober 2013. Ini adalah ruang publik pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memadukan konsep edukasi dan multimedia digital untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia agar seluruh masyarakat bisa lebih mudah memperoleh akses mendapatkan informasi dan referensi mengenai kebudayaan Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan tanpa dipungut biaya.
 
Bakti Budaya Djarum Foundation bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang mempersembahkan “Taman Indonesia Kaya” di Semarang sebagai ruang publik yang didedikasikan untuk masyarakat dan dunia seni pertunjukan yang diresmikan pada 10 Oktober 2018, bertepatan dengan ulang tahun Galeri Indonesia Kaya ke-5. Taman Indonesia Kaya merupakan taman dengan panggung seni pertunjukan terbuka pertama di Jawa Tengah yang memberikan warna baru bagi Kota Semarang dan dapat menjadi rumah bagi para seniman Jawa Tengah yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan dan pertunjukan seni budaya secara gratis.
 
Bakti Budaya Djarum Foundation juga melakukan pemberdayaan masyarakat dan rutin memberikan pelatihan membatik kepada para ibu dan remaja sejak 2011. Hal ini dilatarbelakangi kelangkaan dan penurunan produksi Batik Kudus akibat banyaknya para pembatik yang beralih profesi. Untuk itu, Bakti Budaya Djarum Foundation melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan keterampilan dan keahlian membatik kepada masyarakat Kudus agar tetap hadir sebagai warisan bangsa Indonesia dan mampu mengikuti perkembangan jaman tanpa menghilangkan ciri khasnya. Lebih lanjut informasi mengenai Bakti Budaya Djarum Foundation dapat mengakses www.djarumfoundation.org, www.indonesiakaya.com.
***
Untuk informasi lebih lanjut:
IMAGE DYNAMICS
Ima Silaban                            #0812 9055 4435    (ima.silaban@imagedynamics.co.id) 
Tisiana                                     #0812 1869 9177    (tisiana@imagedynamics.co.id)
 

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :