Tarbiyah Online Competition

Kreatif dimasa Pandemi, Dema FTK UIN Suska gelar ragam lomba via online

Kreatif dimasa Pandemi, Dema FTK UIN Suska gelar ragam lomba via online

Menghibur Kejenuhan Mahasiswa Selama Kuliah Online, DEMA FTK UIN SUSKA RIAU Adakan Tarbiyah Online Competition (TOC) Secara Online

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM – Tidak terasa setelah hampir tiga semester mengikuti perkuliahan online, mahasiswa UIN SUSKA RIAU akan menyelesaikan ujian semester genap online yang kedua semenjak pemberlakuan perkuliahan online ini.

Tidak sedikit dari mahasiswa merasakan kejenuhan selama perkuliahan online, maka untuk mengobati hal tersebut Dewan Eksekutif Mahasiswa atau biasa disebut DEMA ini yang merupakan salah satu organisasi tingkat mahasiswa di dalam kampus, berencana mengadakan event online guna menghibur kejenuhan mahasiswa.

DEMA fakultas tarbiyah dan keguruan khususnya. Sudah hampir sebulan lebih DEMA FTK merancang sebuah event yang bersifat online untuk mahasiswa tarbiyah UIN SUSKA RIAU. 

Ketua Umum DEMA FTK, Mudiul Hayat Pasaribu  menyebutkan dalam acara pembukaan Tarbiyah Online Competition (TOC) yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting menyebutkan bahwa “perlombaan ini diadakan guna membangun kembali semangat dari mahasiswa fakultas tarbiyah dan keguruan agar tidak menjadi mahasiswa yang rebahan dikarenakan kondisi pandemik yang sudah terjadi hampir selama 2 tahun ini”. Jum’at (16/07/2021)

Kemudian, Ketua DEMA menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini mahasiswa dapat kembali bergerak sehingga mampu mengembangkan skill di bidang akademik maupun non akademik. 

M. Genta Wicaksana, sebagai ketua panitia dari kegiatan TOC juga berharap bahwa  “melalui kegiatan ini kita sama – sama bisa mengasah kompetensi dan melatih daya kreatif guna meningkatkan kualitas kita serta mewujudkan visi UIN SUSKA menuju world class university.”

Genta juga menyampaikan agar kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang euphoria belaka, tetapi juga sebagai ajang kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di UIN SUSKA RIAU, khususnya di dalam lingkup fakultas tarbiyah dan keguruan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada 16 sampai 19 Juli 2021, mencakup 10 cabang perlombaan yang semuanya dilaksanakan secara online. Seperti, debat parlemen, story telling, pidato, video cinematic, desain poster, solo pop Islami, puisi, catur online, ranking 1, dan mobile legends.

Kegiatan ini dibuka secara resmi langsung oleh Wakil Dekan III FTK UIN SUSKA RIAU, Dr. Amirah Daniaty, M.Pd dalam acara pembukaan Tarbiyah Online Competition 2021, Jum’at (16/07/2021) melalui platform online zoom meeting serta live streaming langsung melalui platform youtube DEMA FTK UinSuskaRiau. Dalam kata sambutannya, WD III FTK UIN Suska ini menyampaikan apresiasinya atas kreativitas yang dilakukan, “saya sangat mengapresiasi dan salut kepada DEMA FTK yang mempunyai inisiatif melaksanakan kegiatan seperti ini yang mana sudah dirancang sedemikian rupa.”

Kemudian WD3 menuturkan “kompetisi adalah wadah yang sangat diperlukan oleh mahasiswa guna mengetahui dan mengasah potensi diri.” Kegiatan ini juga diharapkan dapat berlanjut dan menjadi ajang tahunan bagi mahasiswa FTK, terkhusus untuk generasi selanjutnya bagi DEMA FTK.

Dalam proses pelaksanaannya, para calon peserta pertama kali akan mengisi formulir pada link yang tersedia pada akun Instagram DEMA FTK. Kemudian, mereka juga akan mendapatkan petunjuk pelaksaan teknis kegiatan yang telah disediakan oleh panitia pada formulir pendaftaran. Total peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini hampir 300 orang dengan cabang lomba yang berbeda – beda.

Beberapa cabang perlombaan ada yang dilaksanakan langsung melalui online platform (zoom meeting, google meet, dan lainnya). Seperti, cabang debat, ranking 1, catur online, dan mobile legends. Cabang – cabang ini juga disiarkan langsung secara streaming melalui akun youtube DEMA FTK UinSuskaRiau. Dan untuk cabang – cabang lainnya, peserta akan melalukan proses pengumpulan berkas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.

 

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :