Pelantikan Anggota BPD

Bupati Bengkalis : Tampung dan Salurkan Aspirasi Masyarakat Dengan Baik

Bupati Bengkalis : Tampung dan Salurkan Aspirasi Masyarakat Dengan Baik

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai Parlemen-nya desa, dan BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.  

Anggota BPD ialah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara demokratis, wajib membangun kemitraan dengan Kepala Desa.

Demikian, hal ini diungkapkan Bupati Bengkalis Kasmarni pada acara peresmian BPD Desa Bantan Tua, Jangkang dan Desa kembung Luar, Kecamatan Bantan masa bhakti 2021-2027, Selasa (8/6/2021), di Aula Kantor Camat Bantan, Kabupaten Bengkalis.

Kami dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis mengucapkan selamat dan tahniah kepada anggota BPD yang baru di resmikan dan dilantik serta mengambil sumpah/janji untuk menjalankan sebagai anggota BPD.

"Laksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai anggota BPD dengan baik dan penuh tanggung jawab. Semoga momen ini bisa dijadikan suatu landasan dalam membangun desa," kata Bupati Bengkalis Kasmarni.

Selain itu, Kasmarni menyampaikan pesan juga kepada anggota BPD Kecamatan Bantan yang baru dilantik, agar segera menyesuaikan diri dan pahami betul situasi, kondisi dan problematika serta aspirasi masyarakat di wilayah masing-masing.

Membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa, serta melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa. Menggali, menampung, menghimpun dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

"Selalu kedepankan budaya gotong royong, kebersaman dan keterbukaan dalam bekerja melayani masyarakat sehingga menimbulkan dampak solid BPD sebagai pemerintah desa dalam mensejahterakan masyarakat dengan tetap memegang teguh pada perundang-undangan dan aturan yang berlaku," tegas Kasmarni.

Sebagai wahana demokrasi di desa, anggota BPD dipilih dari dan oleh penduduk desa yang telah memenuhi persyaratan. Sedangkan pimpinan BPD dipilih dari anggota BPD sendiri di setiap desa.

Masa jabatan anggota BPD ialah 6 tahun dan dapat diangkut dan diusulkan kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya. Pimpinan dan anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa.

Peresmian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati dimana sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dihadapan masyarakat dan dipandu oleh Bupati.

BPD berfungsi menetapkan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Turut hadir Wakil Ketua II DRPD Kabupaten Bengkalis Sofyan, Kapolsek Bantan yang diwakili Kanit Bimas Ipda Amrun, Danramil 01/Bengkalis, Serda Armansyah, Plt Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan H. Muhammad Fadhli.

Hadir juga, Kepala Dinas PMD Bengkalis H Yuhelmi, Kepala Dinas Ketapang H Imam Hakim, Kepala Dinas Sosial Hj Martini, Camat Bantan Supandi dan para undangan pada peresmian anggota BPD Kecamatan Bantan.

 

 

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :