Pekanbaru Hasilkan Sampah 500 Ton Perhari

Pekanbaru Hasilkan Sampah 500 Ton Perhari

PEKANBARU, RanahRiau.com - Penduduk Kota Pekanbaru, Provinsi Riau setiap harinya memproduksi sekitar 500 ton sampah dari sekitar 1,3 juta penduduk setempat dan jumlah itu cendrung bertambah dari waktu ke waktu.

"Sampah itu kini hanya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebagai lokasi akhir, tanpa dilakukan pemrosesan," ungkap Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pekanbaru Edwin Supradana di Pekanbaru, Minggu.

Selama ini sebut dia hampir 90 persen daerah menerapkan cara konvensional dalam pengelolaan sampah di daerahnya.

Sebanyak 69 persen, pengelolaan dengan cara mengangkut dan menimbunnya di Tempat Pembuangan Akhir termasuk Pekanbaru, 10 persen mengubur sampah dengan cara pengomposan, 7 persen didaur ulang, 5 persen sistem pengelolaan dengan cara membakar, dan 7 persen tidak dikelola.

Ia menyatakan, penatakelolaan smapah saat ini berbanyak dengan cara menimbun pada lahan TPA.

"Diakui tiap tahun kemampuan lahan TPA akan berkurang, hingga diperkirakan pada tahun 2020 kebutuhan akan lahan makin penuh," urainya.

Sejauh ini Pekanbaru belum memiliki upaya untuk mengolah sampah tersebut menjadi bentuk lainnya yang menguntungkan seperti mengubahnya menjadi energi terbarukan.

Padahal sebut dia jika potensi sampah yang ada dikelola menjadi energi listrik terbarukan maka bisa menghasilkan 10-15 megawatt/hari.

"Energi ini bisa membantu krisis listrik yang dialami Pekanbaru, dan Riau umumnya," urainya.

Untuk memaksimalkan pengangkutan Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru telah bekerjasama dengan pihak ketiga.

"Dari 12 kecamatan yang kini dikelola pengangkutan sampahnya hanya 10 persen dan sisanya masih ditangani kecamatan," tambahnya. (Ant)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :