Dari 9.423 Jadi 14.000

Pemko Dumai Usulkan Penambahan Penerima Raskin

Pemko Dumai Usulkan Penambahan Penerima Raskin

DUMAI, RanahRiau.com - Pemerintah Kota Dumai mengusulkan tambahan jumlah penerima manfaat program beras miskin atau Raskin kepada Kementerian Sosial RI menjadi 14.000 rumah tangga sasaran dari sebelumnya 9.423 kepala keluarga.
         
Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Chairuddin Adnan di Dumai, Rabu, menyebutkan, usulan penambahan jumlah warga penerima raskin ini karena mengacu pada data masyarakat miskin peserta jaminan kesehatan yang disubsidi pemerintah.
         
"Kita usulkan penambahan warga penerima raskin kepada Kemensos RI sesuai dengan jumlah masyarakat yang terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan," katanya kepada pers.
         
Dijelaskan dia, penetapan jumlah penerima raskin dari semula 9.423 RTS ini merupakan data dari tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K) di Kota Dumai.
         
Guna memaksimalkan pengusulan jumlah RTS penerima raskin ini, Dinsos telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Kesehatan, Badan Pusat Statistik setempat terkait jumlah warga kurang mampu.
         
"Koordinasi dengan Disdukcapil untuk mengetahui data kependudukan dan memperbarui pendataan penduduk yang masih tercatat sebagai warga kurang mampu," ungkapnya.
         
Terkait usulan ini, pihaknya menunggu keputusan dari Kementerian Sosial RI untuk ditetapkan, dan karena semua bentuk bantuan yang ditujukan kepada keluarga kurang mampu harus mengacu kepada penetapan Menteri Sosial RI.
         
Pihaknya juga sudah melakukan proses mutakhir data penerima raskin, yaitu bekerjasama dengan tenaga kesehatan sosial kecamatan untuk verifikasi dan validasi data penerima bantuan iuran (PBI) jaminan kesehatan nasional.
         
Pemerintah Kota Dumai sebelumnya telah memulai pelaksanaan distribusi jatah raskin kepada 9.423 RTS periode Januari-Maret 2016 yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Zulkifli AS pada Senin lalu.
         
"Diharapkan usulan ini dapat diterima agar masyarakat peserta JKN juga menerima jatah beras miskin tersebut," harapnya.
         
Raskin yang akan diterima gratis oleh ribuan warga yang tersebar di 33 kelurahan 7 kecamatan di Dumai ini sebanyak 15 kilogram per bulan setiap RTS. (Ant)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :