Bantuan Pemerintah Pusat

Kelompok Petani Inhu Dapat 10 Hand Tractor

Kelompok Petani Inhu Dapat 10 Hand Tractor

INHU, RanahRiau.com - Sejumlah kelompok tani di kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau bakal menerima handtraktor bantuan pusat untuk membantu pengolahan lahan pertanian.

"Ada 10 unit bantuan handtraktor itu," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Indragiri Hulu Rahmat di Rengat.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat masyarakat petani Indragiri Hulu akan menerima 10 Unit alat Pertanian dalam bentuk Hand Traktor dari bantuan APBN tahun 2016.

Pemerintah Pusat memberikan bantuan secara bertahap, diyakini bakal ada tambahan lagi untuk ke depannya, sehingga bisa digunakan oleh petani melalui kelompoknya bisa meningkatkan efektivitas kerja dan efisiensi biaya.

"Saya berharap hasil pertanian warga nantinya dapat meningkat setelah menggunakan alat tersebut," sebutnya.

Kepala Dinas Pertanian TPH Inhu juga menyebutkan, tentunya dengan memakai alat canggih itu sistim pengolahan lahan pertanian petani sedikit lebih maju tidak lagi secara tradisional seperti menggunakan tenaga kerbau atau manusia dengan kemampuan seadanya.

Hand Traktor ini akan diserahkan kepada Kelompok Tani (Poktan) yang sudah mengajukan proposal kepada Bupati Inhu melalui Distan TPH Inhu dari empat Kecamatan yaitu Kuala Cinaku, Rengat Barat, Rakit Kulim dan Kelayang khususnya yang mengajukan permohonan dan melengkapi persyaratan.

"Jika administrasi sudah lengkap pihak kementrian segera mengirimkannya," ucapnya.

Menurut dia, Inhu sendiri akan menuju swasembada pangan, bantuan itu adalah salah satu sarana pendukung bagi masyarakat sehingga pertanian dan pengolahan lahan petani lebih cepat dan mudah bahkan bisa terkelola secara serentak.

Salah satu warga Indragiri Hulu Patmi (45) mengatakan, sebaiknya handtraktor itu di berikan kepada kelompok tani yang jelas, agar tidak rusak yakni yang benar - benar ada kepengurusannya, karena kelompok tanilain juga berharap.

"Instansi terkait sebaiknya menggilir penerimanya dan bahkan mensosilisaikan adanya bantuan itu sehingga mendorong lahirnya kelompok baru," ujarnya.

Menurut dia, untuk ke depannya sebaiknya Pemerintah Kabupaten Inhu juga menyediakan handtraktor khusus dengan menggnakan APBD II yang lebih besar jumlahnya sehingga setiap desa memiliki alat tersebut khususnya ada lahan pertanian. (Ant)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :