Usung Tema Nuansa Melayu, UNRI EXPO dapat apresiasi dari pimpinan universitas

Usung Tema Nuansa Melayu, UNRI EXPO dapat apresiasi dari pimpinan universitas

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM- Mengusung tema, "Mega Gemilang Karya Melayu Anak Negeri Menuju Semarak Indonesia", UNRI EXPO resmi dibuka oleh Iwantono selaku Wakil Rektor 3 Universitas Riau pada (04/12/2019) pagi tadi. Tampak juga Kapolda Riau dan Kejaksaan Tinggi Negeri Pekanbaru ikut dalam peresmian kegiatan yang ditaja oleh BEM UNRI yang berkolaborasi dengan seluruh kelembagaan tersebut.

Zamry selaku Ketua Pelaksana pada tahun ini turut merasakan euforia kebahagiaannya. Ia mengatakan bahwa pada puncak kegiatan nanti, UNRI EXPO akan mengadakan konser amal untuk membantu saudara di Palestina yang sedang dirundung duka.

Syafrul selaku Presiden Mahasiswa pun juga mengatakan hal yang sama. Ia mengungkapkan ada beberapa sedikit inovasi pada UNRI EXPO 2019 ini. "Ajang Gema Sri Indrapura ini sebagai pengenalan budaya melayu yang sudah mulai terkikis akan perubahan zaman. Oleh karena itu, kami sepakat pada Kabinet Sri Indrapura untuk mengangkat tema kebudayaan melayu yang dijadikan fokus utama. Kemudian, kami juga memberikan sedikit inovasi dari tahun-tahun sebelumnya seperti mengadakan konser amal untuk Palestina. Karena memang keadaan di sana dalam keadaan tidak baik-baik saja," jelas Syafrul.

"Selain itu, kami juga mengadakan Talkshow lingkungan. Kami ingin masyarakat terutama Mahasiswa Riau mengetahui seluk beluk dari kebakaran hutan, penyebabnya, dampaknya dan sebagainya. Kami ingin memberikan manfaat pada semua orang. Bukan hanya sekedar foya-foya atau event semata tetapi juga memiliki akademis dan sosial di dalamnya. Harapannya, berdampak pada pola pikir seseorang akan arti sebuah kehidupan." jelas Syafrul menambahkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Arif Nanda Kusuma selaku Ketua DPM UNRI, bahkan ia mengatakan bahwa BEM UNRI cukup berani dalam mengadakan Talkshow lingkungan yang akan mengundang narasumber-narasumber berpengaruh di negara Indonesia. Kata Arif, isu kebakaran hutan dan lahan di Riau cukup seksi dan hangat diperbincangkan apalagi mendatangkan narasumber yang juga terindikasi dari penyebab karhutla tersebut.

Suasana semakin menyentuh saat Lisa Sariani membacakan sebuah puisi karya Taufiq Ismail berjudul 'Palestina', ditambah juga dengan orasi Aldi Putra Firmando selaku Ketua Umum UKMI Ar-Royyan tentang peduli Palestina.

Selanjutnya, Iwantono selaku Wakil Rektor 3 Universitas Riau memberikan apresiasi pada BEM UNRI sekaligus panitia pelaksana UNRI EXPO tahun ini. "UNRI EXPO tahun ini sangat terasa sekali nuansa kebudayaan Melayunya. Bahkan kegiatannya juga menyentuh hati, karena juga memperdulikan tentang kemanusiaan untuk saudara kita di Palestina. Bagi saya, yang tak kalah menariknya adalah event akademis terkait adanya kepedulian tentang lingkungan sebagai rasa tanggung jawab BEM atas keadaan sekitar lingkungannya. Pimpinan UNRI sangat mengapresiasi UNRI EXPO tahun ini dan terima kasih kepada panitia pelaksana semuanya." ujar Iwantono dalam sambutannya.

Selain itu, didampingi oleh Kapolda Riau, Kejaksaan Tinggi Pekanbaru, Ketua DPM UNRI, Presma BEM UNRI, Ketua Pelaksana dan seluruh pimpinan kelembagaan meresmikan secara simbolis dengan pemukulan gong kegiatan Gema Sri Indrapura-UNRI EXPO 2019. Bersamaan dengan itu, juga dilakukan aksi penurunan spanduk selamat datang oleh UKM Mahasiswa Pecinta Alam.

Setelahnya, dilanjutkan dengan parade bendera kelembagaan yang dibawakan oleh seluruh Duta Universitas Riau 2019. Acara semakin menarik saat penampilan tari kreasi Nusantara modern dan perlombaan tari kreasi melayu.

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :