Tepati Janji, H. Halim Serahkan Bibit Sawit Gratis Ke Masyarakat

Tepati Janji, H. Halim Serahkan Bibit Sawit Gratis Ke Masyarakat

TELUK KUANTAN, RANAHRIAU.COM - Wakil Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), H.Halim Salurkan sebanyak 1.960 batang bantuan pemerintah daerah yakni bibit sawit gratis kepada kelompok tani kecundung permai, tepatnya di desa Seberang Cengar, Kecamatan Kuantan Mudik. Jum'at (08/11/2019) siang.

Bantuan bibit sawit gratis tersebut merupakan program unggulan Pemkab kuansing, sebagaimana yang tertuang dalam visi misi pasangan Mursini - Halim pada pencalonan bupati dan wakil bupati Kuansing 2015 yang lalu, yaitu menjadikan kabupaten Kuansing yang unggul, sejahtera dan agamis.

Wabup H.Halim yang merupakan calon wakil bupati kala itu pernah menjanjikan kepada masyarakat Kuansing, akan menjadikan program bantuan bibit sawit secara gratis untuk masyarakat dijadikan sebagai program unggulan jika seandainya terpilih, Dengan sasaran meningkatnya ekonomi masyarakat. Hal itu memang dibuktikannya, meskipun belum terealisasi 100 persen hingga kini.

"Tahun Ini ada Sebanyak 119.364 batang bibit sawit bagus yang akan disalurkan kepada masyarakat, Dari jumlah tersebut, Semuanya akan dibagikan kepada 1.218 orang petani yang tersebar di 54 Desa pada 14 kecamatan. Jadi, masing-masing petani akan menerima sebanyak 98 batang bibit sawit," ujar Wabup H.Halim yang didampingi kepala dinas pertanian, Ir. Emmerson disela-sela kegiatan penyaluran bantuan bibit sawit di desa Seberang Cengar. Jumat (08/11/2019) siang.

Terobosan itu merupakan sebagai upaya untuk meningkatan perekonomian masyarakat Kuansing. Sebelumnya Pemkab Kuansing, melalui Dinas Pertanian juga telah menyalurkan bantuan bibit sawit kepada masyarakat sebanyak 150.000 batang yang siap tanam.

"Ini membuktikan komitmen saya dengan masyarakat. memang iya, pada tahun 2018 tidak dianggarkan, karena saya tidak setuju dengan bibit sawit yang disalurkan kepada masyarakat pada tahun 2017 yang lalu. Saya tidak mau masyarakat dirugikan, karena Bibit yang telah disalurkan itu tidak bibit asli menurut aturan," beber Wabup.

"Saya sangat menginginkan bibit sawit yang diberikan kepada masyarakat itu benar-benar bibit yang bagus. Ya, Bagus menurut aturan yang ada. Keinginan saya memang lebih tinggi, memberikan bibit Yang terbaik daripada yang baik untuk masyarakat," tambahnya

"Sepertinya program bantuan bibit sawit ini sudah ada syarat kepentingan. Saya merasa ada yang tidak senang kalau seandainya program bantuan bibit sawit ini berhasil, karena kalau seandainya program ini berhasil, nama H.Halim yang akan bagus," ujarnya seraya menduga adanya syarat kepentingan dalam program tersebut.

Ia menegaskan, Tahun ini Tidak hanya Bibit sawit yang akan diterima petani, Pemkab Kuansing juga akan memberikan bantuan berupa atap Seng yang diperuntukkan sebagai pagar bibit sawit setelah dilakukan penanaman, supaya terhindar dari gangguan hama.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani (Koptan) Kecundung Permai, desa Seberang Cengar, Aprizal (48) mengaku sangat senang sekali, karena apa yang mereka tunggu-tunggu telah mereka terima, yaitu bantuan bibit sawit gratis tersebut.

"Kita berharap kedepanya bisa dapat bantuan bibit lagi dari program bapak H.Halim ini, karena selama ini kita (Petani-red) memang terkendala bibit, apalagi sekarang harga sawit cukup mahal 1500 perkilogram, jadi ini merupakan program yang sangat bagus untuk perekonomian masyarakat" tutup Aprizal

Dari data yang dihimpun ranahriau.com melalui Dinas Pertanian, mengenai Besaran anggaran yang digelontorkan pemda Kuansing tahun ini Untuk pengadaan bibit Sawit tersebut adalah sebesar Rp.5.968.200.000. Sementara untuk pengadaan atap Seng yang akan diperuntukkan sebagai pagar, yaitu sebesar Rp.1.313.004.000

 

 

 

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :