Masyarakat HK Apresiasi Warganya Maju Pilkada Kuansing

Masyarakat HK Apresiasi Warganya Maju Pilkada Kuansing

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Masyarakat Hulu Kuantan (HK), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sangat mengapresiasi jika ada warganya yang mau ikut bertarung dalam kontestsi pemilihan kepala daerah pada tahun 2020 mendatang.

Ungkapan itu disampaikan oleh salahseorang tokoh muda asal HK, Hendrianto kepada RanahRiau, Kamis (17/10/19) di Telukkuantan.

Melihat historisnya, masyarakat HK dari dulu dibidang politik tidak bisa dianggap sebelah mata. Dia mencontohkan, Buya Ma'rifat Mardjani sudah menjadi ikon masyarakat HK di bidang politik. 

Selain pejuang, Ma'rifat Mardjani adalah tokoh politik yang memperjuangkan berdirinya Provinsi Riau dari Provinsi Sumatera Bagian Tengah waktu itu.

Dibidang hukum misalnya, ada juga putra terbaik HK yang saat ini dianggap sukses dibidangnya. Hendri menyebutkan nama Zahrul Rabain. Beliau adalah satu dari sembilan hakim agung yang ada di Indonesia saat ini. 

Namun sayangnya, ucap Hendri, dibidang politik lokal, sangat sedikit sekali orang-orang HK berkiprah sebagai penentu masa depan Kabupaten Kuansing ini. Mestinya, jika dilihat dari historis, masyarakat HK tidak boleh ketinggalan dari pendahulunya.

"Ini yang sangat kami sayangkan. Dari dulu orang-orang HK ini hebat-hebat. Cerdas-cerdas. Tapi kok sekarang kurang melek politik lokal," ujarnya.

Nah, untuk kedepannya, ia mengapresiasi jika ada politisi atau pun pihak swasta dari HK yang ingin maju pada pemilihan bupati maupun Wakil Bupati Kuansing. Sebab, dengan cara ikut berpolitik dan menjadi penguasa di negeri jalur ini baru bisa menjadi penentu masa depan negeri yang kita cintai ini.

"Banyak sih sebenarnya politisi dari HK yang berpotensi. Misalnya, ada Syamsudin Hasbi dari Koto Kombu. Ada Satria Mandala Putra dan Komperensi dari Desa Sungai Pinang. Ada mantan Ketua PBB Provinsi Riau, Muharnis SH dari Desa Mudik Ulo. Dan banyak lagi yang punya kemampuan untuk menjadi pemimpin," tambah Hendri.

Ia sangat menyayangkan, sejak Kabupaten Kuansing ini berdiri cikal bakal yang menjadi pemimpin hanya dari kalangan itu-itu saja. "Kalau gak dari tengah, ya dari Hilir dan Singingi. Bagian Hulu nya kapan?," sergahnya.

Intinya, kata Hendri, putra putri dari HK ini harus melek politik lokal. Dan ikut menjadi penentu masa depan Kuansing untuk kedepanya.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :