MasalahTapal Batas Antar Desa di Bengkalis

Senator Riau : Harus Diselesaikan, Jangan Terjadi Konflik Sosial

Senator Riau :  Harus Diselesaikan, Jangan Terjadi Konflik Sosial

PEKANBARU, RanahRiau.com - Permasalahan tapal batas di Kabupaten Bengkalis belakangan diketahui bukan hanya terjadi antar wilayah saja. Bahkan, sempat terjadi kesenjangan sosisal di beberapa Desa akibat belum diketahui jelas mana batas Desa satu dengan yang lainnya.

"Contoh di Kecamatan Siak Kecil, laporan dari Kades ketika saya melakukan kunjungan Daerah, memang saya mendengar keluhan masalah batas-batas Desa mereka dengan Desa trans. Dan permasalahan ini ternyata sudah lama terjadi," ungkap Anggota DPD RI perwakilan Riau, Intsiawati Ayus, Senin (4/5/15).

Dikatakannya, seperti Desa Muara Dua, yang berbatasan langsung antara Kabupaten Bengkalis dan Siak. Dari laporan Kades setempat, warga kerap merasa kebingungan ketika ditanya berasal dari Desa mana. Sebab tidak ada Tugu maupun bangunan yang memperjelas titik keberadaan Desa mereka.

Sebelumnya, pada tahun 2012 silam pihak Pemkab melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab Bengkalis, menyatakan bahwa akan diupayakan pemutihan soal lahan yang berada dalam wilayah masing-masing, apabila masyarakat tersebut berada di Siak Kecil namun lahan mereka berada di Kecamatan Sabak Auh (Kabupaten Siak), maka status penduduk dan lahan dimasukkan dalam kawasan Kabupaten Bengkalis.

"Ini sepenuhnya menjadi tugas dan wewenang Eksekutif dan Legislatif yang ada di Bengkalis. Kenapa masalah tapal batas yang didalam Kabupaten saja tidak bisa diselesaikan. Jangan dahulu berbicara pembangunan gedung infrastruktur, kalau status kawasan tempat tinggal masyarakat saja belum jelas." tegas Intsiawati.

Maka, ia meminta kepada Bupati dan DPRD Bengkalis, untuk lebih serius dalam menangani masalah tapal batas antar Desa. Karena, dari pengalaman-pengalaman yang ada, konflik sosial rentan terjadi, berangkat dari masalah kepemilikan kawasan Desa satu dengan tetangganya. (Nof)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :