Pemda Rohil Relokasi Bazar Jelang Bakar Tongkang

Pemda Rohil Relokasi Bazar Jelang Bakar Tongkang

Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapi-api

BAGANSIAPIAPI, RanahRiau.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau berencana memindahkan lokasi bazar bakar tongkang ke Pujasera (Pusat jajan serba ada) dekat lapangan KONI. Sebelumnya, tenda bazar dibuka dibeberapa jalan protokol.

Seperti disampaikan Sekdakab Rohil, Surya Arfan, Minggu (15/3) bahwa perayaan iven wisata bakar tongkang 2015 akan berbeda dengan tahun lalu, terutama mengenai lokasi bazar. Relokasi bazar dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan arus lalulintas.

"Kalau di pusatkan bazar di Jalan Sentosa (lokasi lama-red) maka arus lalu lintas akan macet. Untuk itulah kita akan memanfaatkan bangunan pujasera sebagai tempat pelaksaan Bazar. Karena Pujasera itu saat ini belum sepenuhnya ditempati oleh Pedagang," tegas sekda.

Ia juga meminta instansi terkait seperti disparpora Rohil melakukan pembenahan berbagai fasilitas, seperti gedung museum sejarah, gedung tionghua. Apalagi, biasanya menjelang iven wisata itu berbagai lapisan masyarakat datang menyaksikan.

Sesuai rencana semula, lanjut Surya, pihaknya akan mengelar rapat mengabungkan panita penyelengara dengan pemkab.
 
"Kita ingin acara bakar tongkang berlangsung sukses, karena Kita akan menghadirkan beberapa menteri diantara nya menpora dan kementerian kelautan dan perikanan," tegasnya. (Mcr)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :