Sosialisasikan Empat Pilar di Sekolahh, Intsiawati Sebut

Wawasan Kebangsaan Penting Saat Masuk Kerja dan Tes CPNS

Wawasan Kebangsaan Penting Saat Masuk Kerja dan Tes CPNS

BANGKINANG, RanahRiau.com - Mengenali setiap penyelenggaraan Negara menjadi hal yang penting bagi siswa ketika lulus dari bangku sekolah. Hal ini lah yang ditegaskan Anggota DPD/MPR RI asal Riau, Intisawati Ayus, ketika memberikan materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada ratusan siswa SMA N 1 Bangkinang, Kabupaten Kampar.

Menurutnya, siswa cenderung acuh tak acuh dengan apa yang kini diselenggarakan Negara. Padahal untuk memasuki dunia kerja, seperti tes masuk di perusahaan swasta juga menyertakan pengetahuan wawasan kebangsaan. Terlebih lagi yang hendak mengikuti penerimaan CPNS maupun angkatan bersenjata (TNI/Polri).

"Maka saya paparkan tadi Empat Pilar MPR RI itu seperti apa. Sekaligus mengetes kemampuan anak-anak yang sebentar lagi lulus dari sekolah. Mana yang tidak mereka ketahui, kita jelaskan dengan cara dan pola menerangkan guru kepada muridnya." kata Intsiawati usai acara.

Salah satu hal yang menjadi catatan penting, katanya, tentang pengetahuan terhadap salah satu Pilar yakni Pancasila. Sebab masih ada beberapa siswa yang keliru menyebut sila dari Pancasila.

"Mereka tidak urut menyebutkan masing-masing sila. Ini juga yang sampaikan, memang pelajaran Pancasila sejak dari sekolah dasar didapatkan, namun bukan tidak mungkin siswa itu lulus dalam pelajaran Pancasila. Maka para guru harus ekstra mengajarkan mereka, disisa waktu jelang kelulusan nanti." tambahnya.

Para siswa juga dibekali buku materi Empat Pilar dari Sekretariat MPR RI, baik untuk peserta maupun ada yang dititipkan beberapa untuk perpustakaan sekolah. (Afs)

Editor : Ahnof
Komentar Via Facebook :