Cegah korban, papan reklame di penjuru ibu kota ditertibkan

Cegah korban, papan reklame di penjuru ibu kota ditertibkan

Photo / Merdeka

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membersihkan wilayahnya dari reklame billboard. Salah satu alasannya karena berbahaya saat cuaca ekstrem saat musim penghujan.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, dirinya baru saja melakukan rapat dengan pihak terkait untuk menghilangkan reklame billboard dari Jakarta. Sebagai gantinya, mereka akan diizinkan memasang reklame LED.

"Saya tadi baru rapat maunya semua reklame billboard hilang di Jakarta ganti LED. Tapi pajaknya lima kali lipat. Sekarang baru dibahas dengan Sekda," ungkapnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (23/12).

Dia menambahkan, Jakarta terlalu berbahaya jika terlalu banyak reklame billboard. Sebab jika jatuh dari penyangganya dapat menyebabkan korban jiwa. Dan ada dugaan reklame jenis ini masih ada karena kepentingan beberapa pihak.

"Kenapa kota besar pasang LED di gedung-gedung, kenapa kami enggak? Gimana mereka mau pasang LED karena luasnya naik 5 kali dari billboard biasa. Ini ada yang nakal, pelan-pelan aja," tegas mantan Bupati Belitung Timur ini.

Untuk merealisasikannya, Ahok akan melakukan koordinasi dengan DPRD DKI Jakarta. Dan dia tidak akan segan-segan menstafkan pegawai negeri sipil (PNS) atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang mencoba menghalangi.

"Tadi sudah bicarakan dengan DPRD. Cara pandang harus jelas. Orang-orang lama yang cara pandangannya berbeda kami stafkan," tutupnya.

Editor : Ahnof
Komentar Via Facebook :