Pasca Gempa, Sore ini Seluruh Puskesmas di Cianjur Masih Dibanjiri Pasien

Pasca Gempa, Sore ini Seluruh Puskesmas di Cianjur Masih Dibanjiri Pasien

CIANJUR, RANAHRIAU.COM - Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Cianjur dan wilayah sekitarnya. Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.20 wib.

Dari data sementara yang berhasil dihimpun ranahriau.com dari berbagai sumber, ada Sebanyak 790 orang termasuk anak-anak mengalami luka berat, 46 orang meninggal dunia, dan 469 unit rumah rubuh

Hingga sore ini seluruh Puskesmas di Cianjur masih dibanjiri pasien yang membutuhkan pertolongan dan pengobatan akibat luka berat.

Karena banyaknya rumah yang rubuh dan sebagian mengalami rusak berat, maka masyarakat Cianjur membutuhkan DAPUR UMUM akibat tidak bisa memasak lagi.

Beberapa Pondok Pesantren juga dikabarkan mengalami kerusakan. Begitu juga dengan empat untuk gedung Pemerintah lainnya juga mengalami rusak berat.

Dikabarkan, tiga kecamatan yang cukup parah akibat gempa tersebut, yaitu; Kecamatan Cilaku Desa Rancagoong, selanjutnya Kecamatan Cianjur Desa Limbangansari, dan Kecamatan Cugenang, Cianjur dan masih terus dalam pendataan sore ini.

Kondisi ruas jalan penghubung kota Bogor menuju Cianjur juga terputus akibat longsor, sehingga memerlukan alat berat untuk membuka akses jalan agar bisa dilewati kembali.

Tidak hanya itu, Jaringan listrik di Cianjur pun banyak padam karena gardu listrik mengalami kerusakan yang membutuhkan waktu lama untuk kembali normal.

BMKG mengungkap penyebab gempa 5,6 berpusat di Cianjur terasa kuat mengguncang hingga di Jakarta. Kepala BMKG Dwikorita menyebut gempa tersebut diduga akibat dari pergerakan Sesar Cimandiri.

"Diduga ini merupakan pergerakan dari Sesar Cimandiri, jadi bergerak kembali," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Senin (21/11/2022).

Editor : Eki Maidedi
Sumber : Rilis
Komentar Via Facebook :