Jalur Kilek Keramat Muaro Laii Juara Pacu Jalur Expo 2022

Jalur Kilek Keramat Muaro Laii Juara Pacu Jalur Expo 2022

TELUKKUANTAN - Jalur Kilek Keramat Muaro Laii Pemprov Riau dari Desa Pauh Angit Pangean berhasil keluar sebagai juara pada Pacu Jalur Expo dalam rangka menyemarakkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau di Kabupaten Kuantan Singingi di Tepian Narosa Telukkuantan, yang digelar 16 hingga 17 November 2022.

Sorak sorai penonton bergemuruh saat menyaksikan laga grandfinal perebutan posisi puncak, antara jalur Kilek Keramat di jalan sebelah kiri berpacu dengan jalur Langkah Siluman Buayo Danau dari Sitorajo Kari Kuantan Tengah.

Berpacu di partai puncak, Kamis (17/11/2022) jalur Kilek Keramat Muaro Laii saling ambil alih kemenangan. Mulai dari star hingga finis. Keduanya adu kekuatan. Menjadi yang tercepat di Tepian Narosa akhir tahun ini.

Dari pantauan, sejak star hingga memasuki pancang finis, haluan jalur Langkah Siluman selalu mendahului. Namun menyisakan sekitar 3 meter menggapai finis. Haluan jalur Kilek Keramat berhasil menyodok ke depan. Hingga akhirnya lebih dulu masuk finis.

Jalur Langkah Siluman Buayo Danau pun harus mengakui keunggulan jalur "adiknya" Siposan Rimbo tersebut. Sedangkan Kilek Keramat berhak atas Sang Juara Narosa Pacu Jalur Expo 2022.

Diketahui, pada Festival Pacu Jalur (FPJ) Tradisonal even Nasional yang digelar Agustus lalu, jalur Langkah Siluman Buayo Danau inilah yang menghentikan lajunya jalur Kilek Keramat di hari ketiga putaran kedua.

Dan di ajang ini, jalur Kilek Keramat Muaro Laii pun berhasil revans atas Langkah Siluman Buayo Danau di gelanggang yang sama, Tepian Narosa Telukkuantan.

Sedangkan di posisi ketiga, diraih jalur Limbago Sati Rantau Kuantan dari Kopah Kuantan Tengah setelah di putaran segitiga berhasil dikalahkan jalur Langkah Siluman Buayo Danau.

Sementara, di peringkat keempat, ditempati jalur Lancang Kuning Rantau Kuantan dari Pulau Panjang Inuman. Sedangkan di posisi kelima ditempati Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Kampung Baru Gunung Toar.

Peringkat keenam ditempati Singa Ngarai dari Pulau Kalimanting Benai. Seterusnya, diperingkat ketujuh ditempati Putri Kuntum Andini dari Kepala Pulau Baserah Kuantan Hilir, kedelapan ditempati Tigo Keramat Tuah Nagori dari Kopah Kuantan Tengah, kesembilan ditempati Dek Lasak Untuang Jadi dari Inuman dan peringkat sepuluh ditempati Tuah Inayan Mandulang Untuang dari Pulau Aro Kuantan Tengah.

"Alhamdulillah, Kilek berhasil meraih juara di Tepian Narosa di ajang pacu jalur tahun ini," kata Ketua Jalur Kilek Keramat Sadeli, usai pacu, Kamis (17/11/2022).

Sadeli menilai, keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Tentunya, juga tidak terlepas dari kekompakkan dan persatuan yang ada di masyarakat.

"Ini adalah wujud dari kekompakkan yang ada di masyarakat. Semoga prestasi Kilek terus membaik di masa mendatang," ucap Sadeli didampingi Sekretaris Sudanto SE.

Kepala Desa Pauh Angit Pangean, Sustiaji pun mengaku bangga atas capaian yang diraih jalur kebanggaan masyarakat Pauh Angit khususnya dan Pangean umumnya.

"Alhamdulillah. Jalur Kilek buat bangga kita semua," ucap Sustiaji.(***)

Editor : Eki Maidedi
Sumber : Rilis
Komentar Via Facebook :