Kapolsek IPTU Irwan Fikri Hanya Temukan Galian C Berizin di Desa Teluk Pauh

Kapolsek IPTU Irwan Fikri Hanya Temukan Galian C Berizin di Desa Teluk Pauh

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Kapolsek Cerenti IPTU Irwan Fikri tindaklanjuti informasi yang beredar di media massa terkait adanya belasan aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Teluk Pauh Kecamatan Cerenti, Kuantan Singingi-Riau.

Berita maraknya aktivitas PETI di Desa Teluk Pauh Cerenti itu tayang di media ini, Senin (7/11) kemarin, yang berjudul 'Tak Ingin Dimusuhi, Kades Teluk Pauh Berharap Polisi Menertibkan PETI di Desanya'.

Kemudian, pada hari Selasa (8/11) belum ada tindakan tegas aktivitas illegal meaning tersebut oleh pihak kepolisian setempat. Hal tersebut tentu memicu munculnya pertanyaan kenapa aparat kepolisian setempat Slow Respon (tidak merespon cepat).

Padahal, Kades Samsir sudah berstatement sehari sebelumnya di media massa, dan berharap supaya Polsek bisa bekerjasama dengan pemerintahan desa dalam menertibkan aktivitas PETI di desanya.

Kades Teluk Pauh Samsir dikonfirmasi ranahriau.com Via Telfon seluler, Selasa (8/11) malam, mengaku belum ada tindakan penertiban dari aparat kepolisian setempat, maupun dari Polres Kuansing.

"Belum..! Hingga hari ini belum ada polisi yang turun ke lokasi, mungkin karena faktor air sungai kuantan lagi pasang, jadi memang tidak ada aktivitas PETI hari ini. Kita tunggu saja satu atau dua hari kedepan," ujar Samsir.

Sementara itu, Kapolsek Cerenti, IPTU Irwan Fikri dikonfirmasi ranahriau.com Selasa (8/11) malam, mengaku memang belum turun ke Desa Teluk Pauh untuk melakukan pengecekan terkait adanya pemberitaan maraknya aktivitas PETI di lokasi.

"Rencana besok, tadi kami ada giat di Polres," singkat IPTU Irwan Fikri.

Kemudian, Kades Teluk Pauh, Samsir kembali dikonfirmasi ranahriau.com kamis (10/11) pagi. Dari keterangan Samsir, Anggota kepolisian sudah turun kemarin, Rabu (9/11), tapi tidak menemukan adanya aktivitas PETI.

"Mungkin mereka (Pelaku PETI) sudah pindah lokasi, atau memang telah mengetahui kalau polisi mau turun. Kita gak tahu juga, kan sudah dua hari," ucap Kades Teluk Pauh itu.

Selanjutnya, ranahriau.com masih terus berupaya mengkonfirmasi Kapolsek Cerenti, IPTU Irwan Fikri terkait persoalan PETI di Desa Teluk Pauh itu Kamis (10/11) tadi pagi. Kapolsek Cerenti IPTU Irwan mengaku bahwa ia telah turun ke Desa Teluk Pauh, bersama personil untuk melakukan pengecekan keberadaan PETI disana.

"Tidak ada ditemukan aktivitas PETI, yang ada hanya galian C. Penambangan pasir. Ini ada surat keterangan dari kepala desa setempat kalau Galian C tersebut telah memiliki izin. ditengokkan ke saya oleh pemilik," Ujar Fikri.

Tidak sampai disitu, Untuk legalitas Galian C tentu tidak cukup sampai di surat keterangan dari Kepala desa saja. "Benar," Ujar Kapolsek IPTU Irwan Fikri, menandaskan.

Setelah mendengar adanya surat keterangan Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) yang dikeluarkan Samsir, maka, Kades Samsir berjanji akan menelusuri kebenaran surat tersebut. Karena menurutnya dia tidak pernah mengeluarkan surat keterangan Izin Usaha Jasa Pertambangan untuk pemilik.

"Saya tidak pernah mengeluarkan surat itu. Nantilah saya cek kembali. Jangan sampai disalahgunakan," pungkasnya.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :