Perebutkan Satu Ekor Sapi, Pacu Jalur Miniatur Piala Bergilir Ardi Setiawan Segera Digelar

Perebutkan Satu Ekor Sapi, Pacu Jalur Miniatur Piala Bergilir Ardi Setiawan Segera Digelar

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Kuantan Singingi yang Ke-23, Pemerintah Desa bersama pemuda Toar gelar Pacu Jalur miniatur yang akan diselenggarakan ditepian Loban Sungai Pemetung Desa Toar pada Tanggal 9 0ktober 2022-Selesai


Kepala Desa Toar, Ardi Setiawan S.kom Kamis, (22/09/2022) menuturkan, Lomba Pacu Jalur miniatur ini dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah desa bersama Pemuda Desa Toar yang inssaallah diadakan bulan Oktober mendatang.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan ke-3 setelah diadakan di Sentajo Raya beberapa waktu lalu, tepatnya di Desa Koto Sentajo, kegiatan ke-2 sedang berlangsung di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik," ujar Ardi Setiawan.

"Kegiatan ini tentu tidak lepas dari peran kita sebagai masyarakat untuk saling menjaga antara sesama nantinya waktu digelanggang pacu jalur miniatur," ulas Ardi Setiawan

Ardi Setiawan berharap acara pacu jalur miniatur ini berjalan lancar dari awal sampai akhir, karena dengan digelarnya acara Pacu Jalur miniatur dibeberapa kecamatan tentu akan mempererat hubungan silaturahmi antara sesama masyarakat.

"Sekarang memang lagi sedang musimnya lomba Pacu Jalur miniatur di Kuansing, dengan adanya kegiatan ini juga kita berharap dapat menambah pendapatan bagi masyarakat sekitar Desa Toar untuk berjualan di lokasi Pacu Jalur miniatur tersebut," tambahnya

Kami sebagai Pemerintah desa tentu sangat mendukung sekali  terlaksananya acara ini, dengan itu saya selaku pribadi juga menyediakan piala Bergilir. karena acara ini sangat positif dan terarah bagi para generasi muda. "Marilah berlomba dengan sportif dan saling menciptakan suasana yang kondusif selama berlangsungnya kegiatan nantinya," harap Ardi

Sementara itu Ketua Panitia Egi Prayoga kepada wartawan menuturkan,  lomba pacu jalur miniatur ini berbeda dengan lomba pada pacu jalur tradisional. Kalau pacu jalur tradisional memiliki atlet untuk pacu jalur dan panjang jalur sampai 30-35 meter.

Namun lomba pacu jalur miniatur tidak menggunakan atlet jalur karena memang jalur miniatur ini sangat kecil dan panjangnya max 3,5 M/min 1,5M. Sedangkan untuk lomba Jalur miniatur dihilirkan bersama lawannya. Jalur yang berhasil menembus panjang akhir itulah sebagai pemenangnya.

Egi menambahkan, untuk panjang lintasannya hanya sekitar 50-60 meter diadakan di sungai, Sedangkan lintasannya di beri pipa paralon kecil sebagai pembatas agar kedua jalur yang berpacu ini tidak beradu dan melintang,untuk syarat dan ketentuan Panitia sudah menetapkan beberapa point.

-Panjang Jalur max 3,5 M/min1,5
-Lebar max 9cm
-Jalur harus lengkap dengan ular-ular,talingo,tarajuak/salembayuang
-Jalur minimal dua Warna
-biaya pendaftaran 10.000/jalur.Daftar langsung cabut undian
-Pendaftaran tanggal 26sep,-8 okt2022

Sedangkan untuk informasi lebih lanjut hubungi panitia pelaksana dengan nomor Hp(083147589552 EGI PRAYOGA)/(082259821147 INDRA WHADY) ,"Untuk hadiah juara pertama panitia menyediakan hadiah”.
(Juara 1 )
-Satu ekor Sapi+Piala bergilir+Piala tetap+Uang pembinaan+Tonggol juara+Sertifikat
(Juara ll)
-Dua ekor Kambing+Piala tetap+Uang pembinaan+Tonggol juara+sertifikat
(Juara lll)
-Satu ekor Kambing+Piala tetap+Uang pembinaan+Tonggol juara+Sertifikat
(Juara lV-X)
-Uang pembinaan+Tonggol juara+Sertifikat

"Kami selaku panitia pelaksana juga akan memberikan hadiah Kontes Jalur miniatur untuk hadiah Kontes akan diberi hadiah berupa uang pembinaan dan Sertifikat nantinya tutup," Egi.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :