Program TMMD 2022, Kodim 0303 Bengkalis Bersama Warga Tugus Lumus membangun

Program TMMD 2022, Kodim 0303 Bengkalis Bersama Warga Tugus Lumus membangun

DURI, RANAHRIAU.COM - Lumpur kubangan serta keringat menyatu melumuri baju loreng para prajurit TNI, semangat warga Desa Semunai yang didominasi oleh emak-emak juga ikut tugus lumus merambah rumput, mencangkul gudukan tanah lalu diserakkan ke bagian jalan yang berlumpur. 

Program TMMD 2022 ini terlihat begitu antusias warga masyarakat Desa Semunai berkalobirasi dengan TNI Kodim 0303 Bengkalis gotong royong membangun desa perbaikan akses jalan Sekolah. 

Pra TMMD Tahun 2022 untuk Wilayah Kodim 0303 Bengkalis yang dipusatkan di Desa Muara Basung pada hari ini, Kamis (21/4/2022) diawali dengan melaksanakan Apel di Pondok Pesantren dan dilanjutkan melakukan Goro di Jalan Pelajar, Desa Semunai. 

Menurut Dandim 0303 Letkol (Inf.) Endik Yunia H melalui Kapten Isnanu dan didampingi Kapend Peltu Syofwan Nasution menyampaikan, kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ini dilaksanakan oleh 50 Kodim se Indonesia, dan untuk di Wilayah Korem Wira Bima Pekanbaru ada 2 wilayah Kodim yang mendapatkan tugas TMMD tersebut. 

Dimulainya Pra TMMD sejumlah kegiatan dilakukannya seperti gotong royong perbaikan jalan Pelajar, untuk tujuan aoan direncanakan semenisasi pada badan Jalan, akses ini yang sangat dibutuhkan warga, dimana bila hujan turun, jalan ini akan sukar dilalui. 

Walaupun dalam situasi bulan puasa, Agenda Pra TMMD ini tetap dilaksanakan dengan penuh semangat sambil menanti menjelang dibukanya program TMMD secara resmi pada 11 Mei hingga 9 Juni 2022. 

Kegiatan Pra TMMD, merupakan persiapan untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan inti TMMD, agar selesai cepat waktu," ujar Kapten Isnanu, di posko TMMD. 

Kegiatan Pra dilaksanakan selama 15 hari, yang menyiapkan segala sesuatu menjelang acara inti tersebut. 

Ditambahkan Isnanu, kegiatan Pra tersebut seperti menyiapkan posko, tempat, logistik hingga gotong royong membenahi yang perlu. 
Untuk TMMD tahun ini digelar di Desa Muara Basung dan Desa Semunai, Kecamatan Pinggir. 

"TMMD ini adalah salah satu kegiatan TNI dalam rangka kemanunggalan dengan rakyat, setiap 2 tahun sekali. Ini dulu namanya ABRI masuk desa," ujarnya. 

Lanjut Isnanu, bahwa tahun ini Kodim 0303 Bengkalis dipercaya menjadi bagian dari penyelenggaraan TMMD ke 113 di wilayah Korem Wira Bima. (ril) 

 

Reporter : Amir

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :