Kades Sungai Intan Ajak Masyarakat Bina Generasi Muda Hingga Gemar Baca Al-Quran

Kades Sungai Intan Ajak Masyarakat Bina Generasi Muda Hingga Gemar Baca Al-Quran

INDRAGIRI HILIR, RANAHRIAU.COM- Hadirnya kitab suci Al-Qur'anul Karim merupakan petunjuk hidup dan kehidupan bagi umat muslim dan merupakan mukjizat terbesar yang mulia diterima Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, Turun kepada Nabi Muhammad pada malam 17 Ramadhan atau malam Nuzul Qur'an, dengan dibawa oleh Malaikat Jibril atas perintah Allah SWT.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Efendi Kades Sungai Intan pada tausiyahnya selama Ramadan. Momentum bulan ramadhan ini diharapkan agar menjadi refleksi kembali akan betapa agung dan sempurnanya Al-Quran. Bahwa Alquran hadir sebagai penyempurna atas kitab-kitab terdahulu.

Didalamnya (Al-quran) terkandung petunjuk yang lurus, pembeda antara yang haq dan yang bathil. Itulah bagian dari kutipan pesan yang juga disampaikan Kepala Desa Sungai Intan Ahmad Ependi saat memberi tausiah jelang pelaksanaan sholat tarawih berjamaah di Masjid Al-Barkah Parit Sungai Pinang, Dusun Sungai Pinang, Minggu (17/04/2022).

"Alhamdulillah saya dapat hadir di Masjid Al-Barkah Parit Pinang pada malam ini, disini penuh kenangan dimasa kecil saya, terimakasih kepada guru-guru dan para orang tua yang memberikan pengajaran agama dan pengalaman hidup kepada saya disini".Ungkap Ahmad Ependi mengawali Tausiah.

"Bersyukur kepada Allah kita telah berada di pertengahan bulan ramadhan, diwaktu waktu inilah detik-detik diturunkanya Al-Quran, yakni pada malam hidup 17 bulan ramadhan, saat Baginda Nabi berkhalwat di Gua Hira", tutur Kades Sungai Intan.

"Bahkan nabi dalam wasiatnya mewariskan kepada kita,yakni yang pertama,Alquran dan yang kedua sunnahnya.Berpegang teguh kepada keduanya.Niscaya Selamatlah kita dunia akhirat.Alquran sesuai dengan fitrah manusia terjaga keasliannya dari campur tangan makhluk,karena Al-quran merupakan Wahyu yang redaksinya langsung dari Allah SWT" Lanjut Kades Ahmad Ependi.

Menurut Ahmad Efendi, ada beberapa keistimewaan Al-quran yang bagi kita kaum muslim, wajib mengimaninya yakni diantaranya;

1.Al-quran mengajarkan tauhid meng-Esakan Allah
2.Alquran menyampaikan akan adanya hari pembalasan
3.Al-quran tegas dalam menegakkan yang Haq dan yang bathil, Alquran menjadi pembeda yang jelas, tidak ada yang berada diruang abu-abu. Halal ya halal, haram ya haram, begitu seterusnya.
4.Alquran mengajarkan manusia berakhlak mulia,baik akhlak kepada sesama manusia,binatang,bahkan akhlak kepada alam semesta diajarkan dengan begitu detail dan paripurna.
5.Alquran merupakan sumber ilmu pengetahuan,baik pengetahuan yang telah lampau,saat ini,maupun masa yang akan datang.

"Untuk itu saya mengajak kepada kita semua, mari ajarkan anak-anak kita untuk cinta Al-Quran, belajar Al-Qur'an merupakan suatu kewajiban. Masyaallah, begitu bahagianya kita jika dikampung kita dipenuhi dengan anak-anak muda generasi islami, mereka menjadi imam sholat, muadzin dan lain-lain setelah gemar membaca Al-Quran. Regenerasi harus kita pastikan berjalan, karena kita yang tua-tua satu persatu pasti akan pergi dari alam dunia ini. Merekalah pewaris kita kelak".Tutup Ahmad Ependi.

Usai pelaksanaan sholat tarawih, dilanjutkan dengan ramah tamah. Babinkamtimbas Ilham Dinata Syahputra dan Babinsa Serda Suherman juga menyampaikan pesan kamtibmas, menjaga lingkungan agar tetap kondusif. 

Kegiatan diakhiri dengan patroli dan monitoring pelaksanaan ronda dibeberapa titik Pos ronda yang dilalui. Turun pula mendampingi Ketua BPD Nurman serta tim safari Pemdes Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir-Riau.

 

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :