Distan Kuansing Segera Salurkan 20 Ekor Bantuan Sapi

Distan Kuansing Segera Salurkan 20 Ekor Bantuan Sapi

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Pemerintah daerah kabupaten kuantan singingi (Kuansing) Riau, melalui Dinas Pertanian, tahun ini akan menyalurkan bantuan sapi sebanyak 20 ekor sapi kepada kelompok ternak di Kuansing.

Bantuan sapi ternak tersebut telah dianggarkan sebanyak 20 ekor untuk dibagikan kepada dua kelompok yang telah mengajukan proposal permohonan bantuan.

Dimana masing-masing kelompok akan menerima bantuan sebanyak 10 ekor sapi, seperti Kelompok ternak sako sakato desa sako, dan kelompok ternak serempak jaya desa kompe berangin dengan 10 ekor sapi per kelompok.

Kepala dinas pertanian Kuansing Ir. Emmerson mengatakan, bahwa penunjukan kelompok penerima bantuan sapi tersebut tentu tidak semerta merta ditunjuk begitu saja.

Penunjukan kelompok penerima bantuan sapi ternak tersebut katanya telah melalui proses yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan telah di verifikasi oleh tim verifikasi.

"Untuk tahun ini ada dua kelompok yang lolos verifikasi dan berhak menerima bantuan sapi. Kelompok tersebut adalah kelompok ternak sako sakato desa sako, dan kelompok serempak jaya desa kompe berangin. Masing-masing kelompok akan menerima 10 ekor sapi," terang Kadistan Kuansing Ir. Emmerson

Sebelumnya pada tahun 2019 kata Ir. Emmerson, Pemerintah daerah juga telah menyalurkan bantuan sapi sebanyak 20 ekor kepada kelompok ternak Maju Bersama desa Jake kecamatan Kuantan Tengah, dan Pakolan Indah desa Seberang Sungai, kecamatan Gunung toar.

Dijelaskan Emmerson, kegiatan bantuan sapi tersebut  sesuai dengan surat  keputusan Kepala Dinas pertanian Kabuaten Kuantan Singingi No KPTS.521/DISTAN- PKH/2021/1084 tentang kelompok tani penerimaan penyedia benih/bibit ternak dan hijauan pakan ternak yang bersumber dari APBD  anggaran tahun 2021 sejumlah Rp 234.830.000.

Setiap kelompok mendapatkan 10 ekor Sapi dengan harga perekornya Rp 11.741.500. jadi Tiap kelompok mendapatkan Rp 117.415.000 dan dilaksanakan kegiatan 45 hari kerja pada bulan November, Pekan depan.

Menurut kepala dinas pertanian Kuansing Ir. Emmerson, Penyaluran bantuan sapi kepada kelompok tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, bukan hanya anggota kelompok saja. 

"Kelompok penerima bantuan bisa memberdayakan masyarakat dalam penyediaan pakan atau pengolahan kotoran sehingga berimbas pada naiknya perekonomian masyarakat sekitar," kata Ir. Emmerson, Senin. (25/10/2021) Siang. di ruang kerjanya.

Dia mengatakan, saat ini proses bantuan 20 ekor sapi melalui program pemerintah daerah kuantan singingi akan memasuki tahap penyaluran kepada masing-masing kelompok. Karena telah dilakukan proses pelelangan dan telah ditentukan pemenang lelangnya.

Lebih lanjut Emmerson menyampaikan, bahwa bantuan sapi ini kemungkinan akan datang pada November-Desember dan diminta kelompok mempercepat penyelesaian kandang.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :