Diskes Riau Langsung Keluarkan Imbauan

Temuan Vaksin Palsu di Pekanbaru

Temuan Vaksin Palsu di Pekanbaru

PEKANBARU, RanahRiau.com - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, Riau menemukan adanya vaksin palsu beredar di Pekanbaru. Menyikapi ini, Dinas Kesehatan langsung mengeluarkan himbauan khusus, baik itu untuk masyarakat, rumah sakit, swasta dan apotik.

 
Kepala Dinas Kesehatan Riau, Andra Sjafril membenarkan terkait adanya temuan BBPOM tentang peredaran vaksin palsu ini. "Kita sudah koordinasi dengan BBPOM agar segera sidak ke rumah sakit termasuk swasta hingga apotik," ungkap dia melalui sambungan telpon, Senin (27/6/16).

"Kita telusuri di mana farmasinya sehingga nanti bisa kita ambil langkah selanjutnya. Kita juga sudah surati dinas kesehatan kabupaten/kota se-Riau, supaya koordinasi dengan BBPOM untuk memeriksa ulang vaksin. Kalau sumbernya tidak diketahui, kita minta supaya tidak dipakai," sambungnya.

Lainnya, sambung Andra, Dinkes Riau meminta agar setiap rumah sakit hingga apotik untuk melakukan pembelian vaksin ke distributor resmi. "Laporkan ke pihak berwenang jika menemukan vaksin yang meragukan. Kalau yakin itu palsu, segera kontak ulang keluarga pasien untuk dapat imunisasi pengganti," singkatnya.

Terakhir, Andra meminta agar masyarakat memantau reaksi pasca pemberian vaksin. "Bila setelah imunisasi mendapat temuan keluarga mengalami kejadian pasca imunisasi misalnya demam, alerfi atau lainnya agar segera dilaporkan," tutup Andra. (GoRiau)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :