Jam Tangan Peninggalan Aktor Paul Newman Dilelang Rp 77,5 M

Jam Tangan Peninggalan Aktor Paul Newman Dilelang Rp 77,5 M

RANAHRIAU.COM- Jam tangan Rolex Daytona milik Paul Newman terjual seharga USD 5.475.000 atau setara Rp 77,5 miliar pada lelang jam tangan Racing Pulse oleh Phillips bekerja sama dengan Bacs & Russo di kota New York, Amerika Serikat. Jam tangan itu adalah hadiah dari istri Newman, Joanne Woodward, dan bertuliskan "Berkendara perlahan, Joanne" di bagian penutup belakangnya.

Dilansir dari Forbes, Newman memberikan jam tangan yang menjadi pakaian sehari-harinya selama beberapa dekade itu kepada putrinya, Clea. Hasil penjualan itu dengan sebagiannya akan disumbangkan ke badan amal Paul Newman. Jam tangan itu berjuluk "Big Red" karena terdapat logo Daytona merah besar pada angka enam jam tersebut.

Heuer Monaco ref.1133, yang dimiliki oleh Steve McQueen, juga termasuk dalam penjualan itu. Jam tersebut dijual seharga USD 2.208.000, bernilai lebih dari 10 kali perkiraannya dan rekor dunia untuk jam tangan Heuer.

McQueen, yang memakai arloji dalam film Le Mans, memberikannya kepada mekanik terpercaya, Haig Alltounian, setelah syuting berakhir.  Itu tertulis padanya di casing belakang bersama dengan pesan "Terima kasih telah membuatku tetap hidup selama ini."

Ada beberapa barang mewah milik selebriti lainnya dalam lelang yang berjumlah USD 27,6 juta. Selain barang peninggalan yang dimiliki oleh Newman dan McQueen itu, ada pula barang-barang milik Sylvester Stallone, John Lennon, Andy Warhol, HRH Pangeran Albert dari Monaco, Kevin O'Leary dari Shark Tank, Bono, HRH Pangeran Albert dari Monaco dan Guy Laliberté, sang pendiri.  dari Cirque de Soliel.

Sylvester Stallone menjual lima jam tangan dalam lelang tersebut dengan total gabungan USD 3.117.400, lebih dari tiga kali lipat perkiraan. Jam yang paling terkenal adalah Panerai Luminor yang dia kenakan dalam film Daylight, model yang secara luas dikenal karena meluncurkan merek Panerai modern pada tahun 1990-an. Jam itu dijual seharga USD 214.200.

Kemudian, empat jam lainnya adalah Richard Milles, termasuk RM 032 yang dikenakan Stallone dalam film The Expendables III senilai USD 816.500;  RM 52-01 dengan jembatan tourbillon berbentuk tengkorak senilai USD 998.000: nomor 11 dari edisi 50 buah RM 59-01 Yohan Blake "Beast" tourbillon, dinamai sesuai nama pelari cepat Olimpiade senilai USD 816.500.

Jam keempat, yakni Kronograf Adventure Tourbillon Chronograph RM 25-01 yang sangat rumit yang dirancang untuk menjawab pertanyaan "jam tangan apa yang akan dipakai Rambo?" mereferensikan karakter Stallone dalam film 1982 senilai USD 937.500.

Sebelas jam tangan dikelompokkan di bawah spanduk "Time Counts" san mengumpulkan USD 2.107.350 untuk One Drop Foundation, sebuah badan amal yang menyediakan air bersih kepada komunitas yang kurang beruntung. Sebagian besar disumbangkan oleh selebriti, termasuk Rolex Daytona Ref. 116500LN yang dimiliki oleh Kevin O’Leary, yang dikenal sebagai “Mr.  Wonderful” dari ketenaran Shark Tank senilai USD 56.700.

Lot favorit lainnya dalam penjualan itu adalah sepasang jam saku emas putih, keduanya dibuat oleh perusahaan Amerika, satu dimiliki oleh John Lennon dan yang lainnya oleh Andy Warhol. Kedua jam tangan tersebut dijual seharga USD 50.400. Jam tangan Lennon, yang dibuat oleh Howard, awalnya dijual di lelang real oleh istrinya, Yoko Ono, pada tahun 1984, dan ini adalah satu-satunya jam tangan yang pernah dijual secara publik dengan tautan langsung ke John Lennon.

Jam tangan Warhol, dibuat oleh Elgin, awalnya dijual di lelang real milik artis pada tahun 1988. Lennon dan Warhol adalah teman baik sepanjang tahun 70-an, dan pengirim menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk melacak barang-barang ini.

Dia terinspirasi oleh foto pasangan yang diambil oleh Bob Gruen, seorang fotografer yang terkenal karena dokumentasinya tentang sejarah rock 'n' roll. Sebagian dari hasil akan bermanfaat bagi amal Give Peace a Chance, sebuah organisasi yang meningkatkan kesadaran tentang hak asasi manusia dan mencegah kekerasan.

Editor : Abdul
Sumber : republika.co.id
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :