Bawang Putih Naik, Sedangkan Bawang Merah Turun di Bengkalis

Bawang Putih Naik, Sedangkan Bawang Merah Turun di Bengkalis

BENGKALIS, RanahRiau.com - Berbeda jauh dengan harga sebelumnya, kini bawang putih di Pasar Terubuk, Kecamatan Bengkalis melejit naik, harga bawang putih yang biasanya seharga Rp 28 Ribu perkilo itu sekarang menjadi Rp 38 Ribu perkilogramnya.

"Kalau harga Rp 28 ribu perkilo itu sudah sekitar dua-tiga Minggu yang lalu, dan beberapa hari ini harga bawang putih juga naik lagi yaitu seharga Rp 30 ribu perkilogramnya, dan sekarang bertambah naik lagi menjadi Rp 38 ribu perkilonya," kata pedagang sayur, Mas Tono di Bengkalis, Kamis.

Menurut dia, naiknya harga bawang putih tersebut dikarenakan dampak dari banjir yang terjadi di daerah jawa beberapa waktu lalu, sehingga pasokan yang masuk ke Bengkalis semakin minim.

Berbeda dengan bawang putih, kini harga bawang merah justru menurun, Tono menyebutkan bahwa harga bawang merah kini seharga Rp 28 Ribu perkilogramnya dari harga sebelumnya yakni Rp 35 Ribu perkilogram.

"Dengan naiknya harga bawang putih ini, banyak ibu-ibu membeli hanya cukup untuk keperluannya saja, seperti membeli seperempat bawang putih, terkadang ada juga yang membeli hanya dua ons atau satu ons saja," katanya.

Sementara itu, seorang ibu rumah tangga yang sedang membeli sayuran di pasar terubuk itu juga mengatakan bahwa kebutuhan bawang putih berbeda dengan bawang merah.

"Kalau saya sendiri lebih banyak memasak menggunakan bawang merah, kalaw bawang putih itu tidak terlalu lah, seperti masak sambal aja tiga suing bawang merah dengan satu suing bawang putih, sehingga bawang putih tidak dibutuhkan banyak-banyak," kata ibu rumah tangga yang akrab disapa Ibu Anis Aira ini. (Ant)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :