Plt Gubri Umumkan Status Darurat Siaga Karlahut

Plt Gubri Umumkan Status Darurat Siaga Karlahut

PEKANBARU, RanahRiau.com - Pelaksanan Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman resmi naikan status Provinsi Riau menjadi siaga darurat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Hal itu dilakukan menyusul, telah ditetapkannya status yang sama oleh Kabupaten Dumai, Rokan Hilir, Pelalawan dan Siak.

Sebelumnya dua kabupaten terlebih dahulu menaikkan status siaga darurat yakni Kepulauan Meranti dan Bengkalis.

"Dumai, Rohil, Pelalawan dan Siak sudah menyatakan siaga darurat. Artinya Pemprov juga perlu meningkatkan status yang sama. Mulai pagi ini, hari ini kita nyatakan siaga darurat Karlahut di Provinsi Riau," kata Plt Gubri, di Posko Karlahut Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (7/3/16).

Menurutnya, peningkatan status perlu dilakukan demi percepatan pencegahan dan penanggulangan Karlahut di Riau yang kembali terjadi. Mantan anggota DPR RI ini juga berharap langkah ini akan mampu melakukan pemadaman secara maksimal agar Karlahut yang sudah terjadi di beberapa daerah tidak sampai meluas.

"Ini dilakukan agar pencegahan bisa dilakukan lebih cepat," ujarnya.

Hadir pada rapat Karlahut tersebut, Pangdam I Bukit Barisan Mayjend Lodewyjk Pusung, Danrem 031/WB Brigjend TNI Nurendi, Kapolda Riau Brigjend Pol Bambang Dolli Hermawan, Danlanud Marsekal Pertama Henri Alfiandi, serta berbagai unsur pemerintahan terkait termasuk para undangan lainnya. (Rtc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :