Sosialisasi 4 Pilar Penting Bagi Pembangunan Mental Anak Didik

Sosialisasi 4 Pilar Penting Bagi Pembangunan Mental Anak Didik

KAMPAR, RanahRiau.com - Pemberian sosialisasi 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara kepada generasi muda khususnya pelajar, dirasa penting agar memupuk mental para pelajar itu sendiri dalam kesehariannya. Hal tersebut disampaikan Anggota DPD RI asal Riau, Intsiawati Ayus SH MH, usai memberikan motivasi kepada ratusan Siswa-siswi SMK 1 Tapung, Kabupaten Kampar, Sabtu (27/2/16).

Antusias dari anak didik, terasa begitu tinggi. Hal ini disebabkan, pengetahuan 4 Pilar yang terdiri dari (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) sudah mulai jarang terdapat dalam mata pelajaran sehari-sehari.

Eka Gustiana, Siswi kelas XII mempertanyakan apa arti pentingnya 4 Pilar, ketika lulus dari bangku sekolah dan ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

"Apakah ada tes tertulis saat penerimaan Mahasiswa di semua Kampus, mengenai 4 Pilar ini," tanya dia.

Menjawab pertanyaan itu, Intsiawati menegaskan jika secara konteks tidak akan ditemukan soal yang sedemikian rupa. Akan tetapi, pemahaman 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, lebih kepada pembangunan mental manusia.

"Rasa nasionalisme yang mulai luntur, serta kurang berpartisipasi dalam kegiatan pemerintah, ini yang membuat masyarakat menjadi 'masa bodoh' atas apa yang sedang terjadi di Republik ini," ujarnya menjelaskan.

Kegiatan yang digelar di aula Sekolah itu, juga diikuti oleh Kepala Sekolah SMK 1 Tapung dan seluruh jajaran Guru. Mereka menganggap, Sosialisasi seperti ini jarang didapatkan.

"Biasanya penyuluhan bahaya Narkoba, atau dari pihak Kepolisian yang  datang. Makanya saat Anggota DPD datang memberikan kelas motivasi dan sosialisasi 4 pilar, kami penasaran mengikutinya, dan benar ini hal yang penting bagi anak didik kami" ujar salah seorang Guru.

Usai memberikan Sosialisasi 4 Pilar, pelajar juga dibekali dengan buku pegangan Sosialisasi itu sendiri, yang dibawa oleh Senator Riau tersebut. (Rls)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :