Jelang Peralihan Pengelolaan Kepada Pemerintah RI

DPD RI Kunjungi Chevron dan Pertamina Bahas Blok Rokan

DPD RI Kunjungi Chevron dan Pertamina Bahas Blok Rokan

Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti Saat Melakukan Pertemuan Dengan Pihak Chevron

DUMAI, ranahriau.com - Menjelang peralihan pengelolaan Blok Rokan dari PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada Pemerintah, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan kunjungan ke Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai, Selasa sore (1/9/20).

Kedatangan rombongan Senator tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin, Anggota DPD RI asal Riau, dan beberapa Anggota DPD RI lainnya berasal dari Kepri, Sumbar, Aceh, Bangka Belitung serta Bengkulu.

Pada dasarnya DPD RI ingin melihat sejauh mana persiapan dan kesiapan Pertamina, serta memantau sejumlah kendala yang ada pada BUMN tersebut jelang peralihan Blok Rokan pada Agustus 2021 mendatang.

"Kesiapan pertamina sudah sejauh mana. Karena kita tidak ingin ketika nanti blok rokan sudah dikelola oleh pertamina, justru produksi jadi menurun seperti blok mahakam," kata La Nyalla.

Sementara itu pihak Pertamina Hulu Rokan (PHR) selaku pengelola Blok Rokan kelak, merupakan anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) menyampaikan bahwa perlu bantuan pihak Pemerintah Daerah dan Nasional, terutama dalam hal inventarisir adiministrasi aset dari CPI.

Anggota DPD RI dari Riau, Edwin Pratama Putra dalam kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa aspek lain yang tak kalah penting yakni mengenai tenaga kerja eks CPI.

"Fokus prioritas CPI ke Pertamina juga harus melihat sisi aspek tenaga kerja nya. Kita dari DPD RI juga meminta jangan abaikan nasib dan hak dari para pekerja tambang di provinsi riau," jelas Edwin.

Dihari yang sama, sebelum melakukan kunjungan ke Pertamina RU II Dumai, rombongan Senator tersebut terlebih dahulu telah melakukan pertemuan dengan pihak PT.CPI di Hotel Grand Zuri - Duri, guna membahas bagaimana kondisi serta komunikasi yang dibangun CPI kepada pihak terkait untuk masa transisi hingga peralihan pengelolaan Blok Rokan kelak. (Nof)

Editor : Ahnof
Komentar Via Facebook :