Selain Sumber Energi Diinilai Dapat Mengendalikan Banjir

Rencana Pembangunan PLTA Lubuk Ambacang, Kuansing

Rencana Pembangunan PLTA Lubuk Ambacang, Kuansing

ilustrasi

TELUK KUANTAN, RanahRiau.com - Upaya Wabup Kuansing Zulkifli memperjuangkan pembangunan PLTA Lubuk Ambacang kepada Pemerintahan Pusat ternyata memiliki banyak mamfaat. Kata Zulkifli, selain PLTA sebagai sumber energi listrik, juga dapat mengendalikan banjir. "Dan juga mendorong sektor lainya," tulis Zulkifli melalui BlackBerry tadi malam, Senen(8/2/16).

Ungkapan tersebut dilontarkan Zulkifli, setelah membaca pemberitaan riauterkinicom terkait banjir akibat luapan Sungai Kuantan kemarin yang mengakibatkan puluhan rumah warga terendam.

Rata-rata rumah warga yang terendam banjir itu berada disepanjang bantaran Sungai Kuantan dan berada didataran rendah. Akibat lupan Sungai Kuantan kemarin, selain merendam rumah warga di Kecamatan Kuantan Mudik dan Kecamatan Hulu Kuantan, luapan Sungai Kuantan juga merendam jalan utama Lubuk Jambi-Lubuk Ambacang.

Sekedar diketahui pedesaan yang berada disepanjang bantaran Sungai Kuantan kerap menjadi langganan banjir. Sebab, selama ini tidak ada upaya untuk mengendalikan banjir. Banjir ini terjadi akibat luapan Sungai akibat curah hujan yang cukup deras.

Dengan dibangunnya nanti PLTA Lubuk Ambacang itu kata Zulkifli, selain sebagai bentuk untuk mengendalikan banjir, Juga bisa menjadi hidro power Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang bisa menghasilkan 35 mega watt (MW), dan ini mencukupi aliran listrik untuk seluruh Kabupaten Kuansing.

Menurut Zulkifli, untuk perencanaan awal, pembangunan PLTA ini diprediksi akan menghabiskan dana sekitar Rp3,8 triliun. (Rtc)

Poto: Rumah warga Kuansing yang terendam banjir, Senen(8/2/16) kemarin.

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :