Menpora Berencana Bubarkan BOPI dan BSANK

Menpora Berencana Bubarkan BOPI dan BSANK

JAKARTA, RanahRiau.com - Kebijakan kontroversial kembali digulirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Jika sebelumnya melakukan pembekuan terhadap Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), kini dua lembaga olahraga yakni BOPI dan BSANK juga terancam dibubarkan.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) terancam untuk dibubarkan, menyusul adanya kebijakan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang merekomendasikan pembubaran BOPI kepada Presiden RI, Joko Widodo.

Rekomanedasi pembubaran tersebut sesuai dengan surat dari Menpan RB kepada Presiden Jokowi dengan nomor surat R/60/M.PAN-RB/09/2015. Rencana pembubaran BOPI tersbut diakui Kepala Komunikasi dan Informasi Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, Jumat (29/01/16).

Bahkan, menurut Gatot, bukan hanya BOPI saja, tapi Kemenpora juga bakal menggelar rapat dengan Kemenko Polhukam, untuk membahas masalah pembubaran 14 lembaga nonstruktural (LNS), yang sebenarnya masuk dalam daftar rekomendasi Menpan RB.

Dua di antaranya berada di bawah naungan Kemenpora. Selain BOPI, lembaga yang berada di bawah naungan Kemenpora untuk direkomendasikan bubar adalah Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK).

Gatot menjelaskan, yang menjadi alasan Menpan RB membubarkan BOPI adalah adanya tumpang tindih kewenangan dan juga pemborosan anggaran.

"Memang benar Menpan RB ingin membubarkan kedua lembaga itu. Makanya, besok kita akan menjelaskan kalau justifikasi dua lembaga ini masih diperlukan, tapi kalau dari Presiden katanya harus dibubarkan, ya kita bubarkan," pungkasnya. (Grc)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :