Tidak Memiliki izin Perkebunan, Atiok Warga Titi Akar Rupat, Ditangkap Polres Bengkalis

Tidak Memiliki izin Perkebunan, Atiok Warga Titi Akar Rupat, Ditangkap Polres Bengkalis

DURI, RANAHRIAU.COM - Kepolisian Resor Bengkalis, berhasil mengungkapan Tindak Pidana Kebakaran Lahan dan Hutan di Dusun Hutan Samak Desa Titiakar, Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkali-Riau.

kegiatan gabungan penyelidikan yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Bengkalis, AKP Andrie Setiawan SH, SIK, dengan backup Kasat Polair Bengkalis AKP Rahmad Hidayat, SIK, bersama Kanit Tipidter IPTU Gunawan, SH, Kanit Res Rupat IPDA Zulkifli, Kanitres Rupat Utara Mulyadi dan sejumlah anggota Kepolisiannya, pada hari Sabtu 8 Febuari 2020 sekira pukul 15:00 Wib s/d Selesai melakukan penyelidikan, olah tempat kejadian perkara (TKP) Karlahut dan Gelar Perkara penanganan penyelidikan Karlahut yang terjadi di Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.

Lokasi Kejadian tepatnya di Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar, Kecematan Rupat Kabupaten Bengkalis, Waktu Kejadian pada hari sabtu tanggal 11 Januari 2020 sekira jam pukul 14.00 Wib, dengan Saksi-Saksi, Hadi Rohani Alias Atiok (48) dengan alamat, Jalan Nek Cepat, Rt.001. Rw.008 Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar Kecamatan Rupat, dan Aprizal (47) Kapala Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar, yang beralamat di Jalan Putri Bintang Beraleh, Dusun Hutan Samak Rt001. Rw,008 Desa Titi Akar Kecamatan Rupat, serta Muhammad Soheb (42) karyawan Pekerja dari Hadi Rohani sebagai pemilik kebun, dengan alamat di Jalan Janda Genong, Rt,002. Rw,009 Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar Kecamatan Rupat, dengan Luas Lahan Terbakar, lebih kurang 4,5 Ha, serta ikut dijadikan sebagai barang bukti, 3 (tiga) buah pohon bibit sawit.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto, melalui Kasubbag Humas Polres Bengkalis AKP Buha Purba SH, kepada ranahriau.com menjelaskan Kronologis Kejadiannya, pada sekitar tahun 2019 yang lalu, oleh Hadi Rohani alias Atiok ada memiliki lahan seluas 4,5 Ha di Tempat Kejadian Perkar diatas, lahan tersebut dikelola oleH Hadi Rohadi Alias Atiok dengan memperkerjakan karyawannya, Muhammad Soheb, Fauzan dan Lasiran, pekerjaan tersebut adalah pembersihan lahan, dengan cara merancun rumput semak selanjutnya dilakukan penanaman bibit sawit.

Ditahun 2019 tersebut juga, sebelum karyawannya, Muhammad Soheb dan Fauzan bekerja melakukan pekerjaannya meracun rumput dan menanam pohon sawit, dilahan tersebut sudah pernah terbakar.

Hasil pemetaan kawasan hutan didapati lahan Hadi Rohani alias Atiok, masuk dalam Kawasan HPT, sementara untuk melakukan kegiatan perkebunan sawit, Hadi Rohani alias Atiok tidak memiliki izin perkebunan dari Menteri terkait.

Dari keterangan Hadi Rohani alias Atiok menerangkan, benar pada tahun 2019, mengetahui bahwa lahannya yang sudah ditanami sawit namun terbakar, akhirnya dibiarkan sja.

Berdasarkan hasil penyelidikan, olah TKP, permintaan keterangan saksi-saksi, pengumpulan barang bukti dan Hasil Gelar Perkara, bahwa dalam hal perkara ini, dapat ditingkatkan menjadi Penyidikan dan menetapkan, terhadap Hadi Rohani alias Atiok, sebagai Tersangka pelaku pembakaran lahan dan Hutan, yang terjadi di Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.

 

 

 

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :