Gol A Gong Akibatkan "GEMPA" Literasi Di Pekanbaru

Gol A Gong Akibatkan "GEMPA" Literasi Di Pekanbaru

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM - Pada perhelatan puncak festival Literasi yang dilaksanakan Rabu (30/10/2019) yang lalu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru  menghadirkan penulis dan tokoh literasi nasional Gol A Gong. Dalam kesempatan tersebut penulis novel legendaris Balada Si Roy tersebut menyampaikan motivasi dan trik-trik kepenulisan pada peserta yang hadir. Pada kesempatan tersebut tokoh literasi nasional ini memberi semangat baru agar semua pihak dapat memberi sumbangsih dalam upaya peningkatan budaya literasi di tanah Melayu ini. 

Dalam sambutannya Kadispusip  Ir Hj Nelfiyonna mengatakan, Festival Literasi merupakan puncak kegiatan  Literasi pada tahun 2019. Sebelumnya Dinas perpustakaan dan kearsipan telah mengadakan lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP dan SMA, duta baca, lomba mewarnai untuk anak TK dan berbagai lomba lainnya dan  akan ada pengukuhan duta baca dan bunda baca serta pengukuhan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) kota Pekanbaru. 

Setelah melakukan giat bersama Dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Pekanbaru Gol A Gong selaku penasehat PP Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) kembali melakukan giat literasi bersama Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Riau selama 2 hari sejak Kamis 31 Oktober 2019 sampai Jumat 01 November 2019. Kegiatan itu diantaranya gelar wicara Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 8 dan SMK Muhammadiyah 2  kota Pekanbaru. Dihadapan para siswa pencetus gerakan Gempa Literasi ini menyampaikan literasi adalah daya juang atau semangat baru untuk membuat hidup menjadi lebih baik, dari zero to Hero. Kegiatan tersebut berhasil membangkitkan antusias para siswa untuk mulai mencintai buku. 

 "Dengan kehadiran Beliau ( Gol A Gong) kami dari forum taman bacaan masyarakat provinsi Riau semakin optimis untuk membangun gerakan literasi di negeri ini khususnya provinsi Riau" ujar Sutriyono ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Riau.

Selain di dua sekolah tersebut FTBM Provinsi Riau juga mengajak Gol A gong untuk diskusi bersama para pegiat dan relawan literasi di Teratak Literasi. Dalam kesempatan itu Gol A Gong kembali menularkan semangat membaca dan menulis serta terus bergerak bersama dalam upaya peningkatan kualitas literasi di negeri ini.

Sebagai penutup giat literasi Gol A gong di negeri lancang kuning FTBM Provinsi Riau mengajak pendiri komunitas Rumah Dunia ini berkunjung ke Rutan pekanbaru dalam acara Gelar Wicara bersama Warga Binaan Rutan. "Banyak karya hebat yang lahir dari penjara sebut saja Karl Max dan Pramoedya, mari teman-teman menulis cerita teman-teman agar dapat diambil hikmahnya bagi para pembaca " ujarnya saat memotivasi para Warga Binaan di Rutan Pekanbaru. Ide menarik yang beliau sampaikan untuk membuat antologi cerpen para warga Binaan tersebut disambut baik oleh para pegiat literasi dari Rutan Pekanbaru untuk mensupport dengan menyediakan alat tulis dan memfasilitasi karya tulis warga binaan tersebut untuk dicetak.

 

 

 

Editor : Muhammad Saleh
Sumber : Realese
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :