Agenda Kukerta Tematik 2019

Gelar Sosialisasi kompos dan pembuatan pupuk Organik

Gelar Sosialisasi kompos dan pembuatan pupuk Organik

AIR EMAS, RANAHRIAU.COM- Mahasiswa KUKERTA dan KWT (Kelompok Wanita Tani) gelar agenda Sosialisasi pembuatan kompos dan pupuk organik, di Desa Air Emas, Senin (19/08/2019).

Agenda ini dimulai sore hari dengan panen bersama kangkung dan sawi.  Program mahasiswa KUKERTA Tematik Desa Air Emas 2019 ini berupaya untuk adanya swasembada pangan tingkat desa.  "Misi yang kami usung,  agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan sekitaran rumah agar ditanami dengan tanaman kebutuhan dapur sehingga dapat menekan anggaran rumah tangga,  terutama cabai yang semakin meroket",  ujar Satrio selalu koordinator desa.  

Dimulai sejak 2 Juli 2019,  Hari kedua dimulainya KUKERTA, kegiatan di lanjutkan dengan melengkapi data monografi desa,  dengan melakukan survey kantor Tri Guna. 

Terkait dengan eco-house,  maka untuk memudahkan menjalin kerjasama dengan KWT (Kelompok Wanita Tani), agenda dilanjutkan dengan pembersihan lahan cikal bakal eco-house di belakang kantor desa. Sadiyem selaku ketua KWT menyampaikan rasa senangnya dengan agenda ini,  "Saya menyambut baik apa yang direncanakan", ujarnya. 

Dalam sambutannya Suharti menyampaikan KWT terdiri dari ibu-ibu di Desa Air Emas.  Dari RT 2 hingga RT 21 dengan komposisi yang beraneka ragam dalam jumlah setiap RT nya, "kelompok Wanita Tani merupakan perkumpulan yang berfokus pada pertanian tanaman rumah tangga seperti TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan sayur-mayur segar untuk menunjang perekonomian minimal di dapur rumah tangga", paparnya.

Pada pertemuan ke-2 ini selain sosialisasi dan pemberian edukasi pertanian ke anggota KWT,  terdapat sesi diskusi tanya-jawab terkait pertanian khususnya sawi,  kangkung dan cabai. Pembahasan mengenai kompos,  pupuk,  gulma hingga hama tanaman. Diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut sehingga dapat menjadikan masyarakat yang mandiri di sektor pertanian rumah tangga.  

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :