Sambangi Universitas Islam Riau

Senator IA Sosialisasikan 4 Nilai Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Senator IA Sosialisasikan 4 Nilai Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

PEKANBARU -   “Negara ini harus dikelola oleh orang-orang yang benar-benar mengerti dengan tatanan dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan berne   gara, dan mahasiswa sebagai agent of change harus mampu menempatkan dirinya diposisi yang mengkritisi kebijakan Pemerintah yang keliru dan tidak sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan” itulah ucapan Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI Hj. Intsiawati Ayus, SH,MH saat mensosialisasikan kehidupan berbangsa dan bernegara di depan 250an mahasiswa Universitas Islam Riau (8/6/15).

Didalam sosialisasi tersebut Anggota DPD RI yang sudah menduduki senayan selama 3 periode tersebut dengan lantang menjelaskan bahwa nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara harus benar-benar dipahami oleh seluruh element masyarakat.

“Semua kita yang berada didalam Negara Kesatuan Republik Indonesia terkhusus kaum terpelajar harus memahami dan menerapkan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara, bukan hanya sampai ke menerapkannya. Kita juga harus menyebarkan hal tersebut kepada masyarakat luas, sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang-orang yang terpelajar juga ikut menyebarkan nilai-nilai ini agar kehidupan kita dimasyarakat penuh dengan toleransi dan bias saling tolong menolong”. Ujar Intsiawati Ayus.

Dipertemuan yang ditaja oleh Institut Pengembangan Sumberdaya Riau (IPSR) mahasiswa sebagai peserta kegiatan sosialisasi ini juga menitipkan harapan kepada Intsiawati Ayus, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Riau mengharapkan ada sebuah kegiatan yang secara kontinyu dibuat oleh MPR. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kami tentang tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, melalui kegiatan ini kami mengharapkan adanya keberlanjutan dan kami juga mengharapkan sekali-kali kami mahasiswa dapat mengunjungi komplek parlemen senayan untuk memperkaya pengetahuan kami sebagai mahasiswa”. Ujar salah satu peserta seminar.

Pertemuan yang disambut antusias oleh para peserta tersebut sempat diwarnai oleh dialog interaktif yang cukup hidup antara mahasiswa dan Senator IA yang kebetulan sebagai alumni dari Universitas Islam Riau.

“Kami mengharapkan selain hal ini disosialisasikan ke kami mahasiswa, hal ini juga harus disosialisasikann kepada keluarga besar kita yang sebangsa di daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia sana. Kami mengharapkan ada sebuah perlakuan khusus terhadap keluarga besar kita yang ada diperbatasan, sebaiknya bukan hanya dari segi porsi pembangunannya saja yang diperhatikan. Namun juga pembangunan mental dan pemehaman nilai-nilai kebangsaan juga harus diberikan secara khusus oleh Anggota MPR RI yang ada di Jakarta sana” ujar salah seorang dosen.

“Pemerintah saat ini terlalu sibuk untuk pencitraan buk, namun isinya tak bermutu. Kami mengharapkan DPR dan DPD yang terhimpun di MPR harus memberikan solusi terhadap persoalan pelik yang dihadapi oleh masyarakat saat ini, kami mengharapkan DPR dan DPD harus menjalankan tugas penngawasannya dengan serius” pungkasnya kepada Senator IA.

Diakhir pertemuan sosialisasi tersebut Intsiawati Ayus menyatakan kesiapannya untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, khususnya mahasiswa yang ingin mengetahui bagaimana proses politik hokum terjadi di Senayan. 

“Pada akhir pertemuan ini saya menyampaikan bahwa kapanpun saya siap menerima masyarakat khususnya mahasiswa yang sangat ingin mengetahui bagaimana sebuah produk hukum lahir di Senayan saya, silahkan kontak saya melalui media apapun” tandasnya. (Rls)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :