DPRD Dumai Minta Perairan Diawasi Cegah Beras Plastik

DPRD Dumai Minta Perairan Diawasi Cegah Beras Plastik

DUMAI, RanahRiau.com - Wakil Ketua DPRD Kota Dumai Riau Zainal Abidin meminta pengawasan di perairan dan pintu masuk pelabuhan setempat lebih diperketat guna mencegah masuknya beras plastik ke daerah itu.

"Kinerja pengawasan pintu masuk pelabuhan harus ditingkatkan supaya beras plastik yang menjadi keresahan masyarakat bisa dicegah masuk," kata dia, Selasa.

Dia berharap instansi terkait, seperti Bea Cukai, Kepolisian dan TNI setempat untuk intensifkan pengawasan dan tidak kecolongan kemasukan beras yang diduga mengandung bahan plastik tersebut.

Sebab, selain mengawasi peredaran di tengah masyarakat dan pasaran yang telah dilakukan pemerintah, perlu juga ditingkatkan pengawasan di perairan supaya Dumai bebas dari beras sintetis.

"Pengawasan di pasar bagi beras yang sudah masuk dan beredar di masyarakat, tapi upaya pencegahan harus dimulai dari pintu masuk pelabuhan, baik resmi maupun tidak," jelasnya.

Dia juga mengapresiasi langkah inspeksi mendadak yang dilakukan pemerintah dan badan urusan logistik (Bulog) setempat ke pasaran terkait beras sintetis ini karena akan memberikan jaminan perlindungan konsumen.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan (P2) Bea Cukai Dumai Indra Gunawan memastikan pihaknya siap mengintensifkan pengawasan di pintu masuk pelabuhan barang mencegah beras palsu tersebut.

Pengawasan ini sejalan juga dengan tugas pokok Bea Cukai dalam kinerja mengantisipasi pencegahan barang terlarang lain yang masuk ke wilayah kepabeanan Dumai, seperti narkoba serta sebagainya.

"Kita siap memperketat pengawaan masuknya beras palsu dari pelabuhan dengan koordinasi bersama instansi terkait, termasuk dukungan masyarakat luas terkait aktivitas di perairan Dumai," ungkap dia. (MCR/Nof)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :