Rumah Tahanan Siak terbakar hebat, Narapadina ngamuk dan kabur dari Tahanan

Rumah Tahanan Siak terbakar hebat, Narapadina ngamuk dan kabur dari Tahanan

Siak, RanahRiau.com- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau, terbakar hebat pada Sabtu 11 Mei 2019 dini hari. Akibatnya, banyak narapidana atau warga binaan melarikan diri, memanfaatkan situasi yang tidak kondusif saat kejadian.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu dini hari. Informasi sementara yang dirangkum Riau1.com, kebakaran ini diduga buntut dari kericuhan yang terjadi di dalam Rutan, oleh para warga binaan (Narapidana, red). Kabarnya, mereka kemudian membakar Rutan tersebut.

Tak sedikit diantara warga binaan ini memanfaatkan situasi, dengan cara melarikan diri. Ada yang kabur ke hutan dan akses lainnya. Sedangkan sebagian lainnya dievakuasi petugas dan sudah diamankan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Riau, M Diah mengatakan, laporan sementara yang ia peroleh, kebakaran itu dipicu adanya kericuhan oleh narapidana.
"Iya, baru begitu laporannya (Rutan terbakar) dan terjadi kerusuhan. Informasinya dibakar sama tahanan ya," kata M Diah saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu dini hari.

"Informasinya banyak (Narapidana) yang kabur. Saya belum dapat keterangan lebih banyak, nanti akan dikabari lagi," singkat dia.

Pasca kejadian itu, M Diah mengaku langsung bertolak ke Kabupaten Siak untuk mengetahui kondisi terkini di sana. "Saya sedang menuju Siak," pungkasnya.

Kabar yang simpang siur beredar, di mana disebut-sebut sempat terdengar suara letusan dari dalam Rutan, saat kericuhan dan kebakaran terjadi.


Sumber :
Riau1.com


Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :