Penanganan Imigran Tak Masuk APBD

Penanganan Imigran Tak Masuk APBD

PEKANBARU, RanahRiau.com - Sebagai organisasi yang bertanggung jawab terhadap masalah imigram, IOM (International Organization for Imigration) siap mendukung penangganan imigran gelap yang masuk ke Riau terutam Pekanbaru.

Menurut Kepala Kesbangpolimas Riau Nizzamul, Kepala IOM Indonesia Hernowo Poetranto menyatakan siap membantu dan menanggung semua kebutuhan imigran yang emmang telah direkomendasikan oleh IOM.

“IOM sudah melihat langsung kondisi seribuan imigran yang ada di Pekanbaru. IOM ingin penanganan imigran dapat dikelola dengan baik. Mereka meminta kita untuk menyediakan lokasi penampungan bagi imigran ini. Nanti, seluruh biaya operasional penggunaan gedung, menjadi tanggungjawab IOM,” tegasnya.

Nizzamul mengatakan, selain  biaya operasional gedung seperti listrik dan air lanjut Nizhamul, IOM juga berjanji akan  mengurus proses pengurusan perpindahan imigran ini ke negara yang ditujunya.

“Kita terus berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru, dimana saja tempat penampungan sementara yang cocok bagi imigran itu,” tegasnya.

Menurutnya,  pernyataan dari IOM tersebut  tentu akan memecahkan persoalan imigran di Pekanbaru.

"Untuk penanggannan imigran tersebut kita tidak akan masukkan ke dalam APBD sebab itu yang urus IOM, sudah ada organisasi yang menaungi mereka,” tegasnya. (Bid)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :