Pemkot Dumai Intensifkan Pengelolaan Objek Pajak

Pemkot Dumai Intensifkan Pengelolaan Objek Pajak

DUMAI, RanahRiau.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai Riau akan mengintensifkan pengelolaan objek pajak dengan membentuk tim pemeriksa bersama pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau.

Disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Dumai Hendra Usman, akan segera dibentuk tim pemeriksa pajak bertujuan agar pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan secara bersama-sama terhadap setoran pajak yang dilakukan para wajib pajak ke pemerintah daerah.

"Pemeriksaan ini untuk memastikan apakah setoran pajak maupun retribusi sudah sesuai dengan besaran dan ketentuan yang berlaku," katanya di Dumai, Jumat.

Menurut dia, pemeriksaan bersama melalui tim tersebut akan dilakukan secara berkala dalam tiga bulan terhadap setoran pajak yang disampaikan ke kas keuangan daerah.

Bentuk pemeriksaan pajak ini untuk melihat kebenaran data penyampaian pajak yang dilaporkan para wajib ke Dispenda selaku instansi pengelola.

"Setiap laporan pajak harus diperiksa kembali oleh tim untuk validasi dan ketepatan agar tidak ada upaya percobaan penggelapan sumber pendapatan daerah tersebut," katanya.

Tim pemeriksa akan fokus mengecek laporan pajak dari sembilan objek yang dikelola Dispenda, terutama pajak hotel dan restoran.

Sebab, tingkat keakuratan penyampaian laporan pajak hotel dan restoran ini kerap bermasalah, sehingga akan diperiksa secara fokus dan terperinci.

"Dispenda diberi kewenangan mengelola sembilan item pajak, yaitu, hotel, restoran, reklame, hiburan, air bawah tanah, penerangan jalan PLN, penerangan jalan non PLN, mineral bukan logam dan batuan, pajak bumi bangunan serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Keuangan Setdako Dumai Harman menyebutkan, semua instansi pemerintah yang bertugas melayani ditargetkan memenuhi pendapatan asli daerah pada 2015 ini sebesar Rp161 miliar. (Mcr)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :