Penanaman Kayu Gerunggang Salah Satu Alternatif Antisipasi Karhutla

Penanaman Kayu Gerunggang Salah Satu Alternatif Antisipasi Karhutla

BENGKALIS, RanahRiau.com- Rabu, 6/03/19, Gubenur riau H Syamsuar, dalam penyampaiannya di rapat kordinasi kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Di lantai 4 kantor Bupati Bengkalis, tanggal 4 Maret 2019 beberapa hari yang lalu, mengatakan, salah satu Alternatif untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla yaitu, dengan menanam pohon Gerunggang cocok untuk tanah gambut.

Di Bengkalis, saya sendiri telah pernah turun langsung ketempat petani yang melakukan penanaman pohon Gerunggang, dan saya telah menyampaikan hal tersebut ke MenLHK, ungkapnya, Gubri dalam rapat kordinasi.

Yang di hadiri oleh Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo, kepala BMKG, Dwi Korita Karnawati, Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Rony Irianto Monika, Rektor Universitas Riau Prof,Aras Mulyadi, Kadis LHK Riau Ervin Rizaldi, Asisten I Sekda Prov Riau Ahmad Syahofi, perwakikan badan restorasi gambut, Sekda Kabupaten Bengkalis H Bustami HY, Kadis BPBD Bengkalis, Tajul Muddaris, Camat, Kades Kabupaten Bengkalis, RT, RW dan Tokoh masyarakat sejumlah unsur lainnya.

Mantan Bupati siak ini, yang belum lama di lantik oleh Presiden Jokowi Dodo menjadi Gubenur Riau itu, sempat mengatakan, bahwa pada saat dirinya jadi Bupati Siak, langkah yang ia ambil berupaya untuk menghindari terjadinya kebakaran pada lahan-lahan masyarakat yang semula tidak produktif.

"Dengan melaksanakan program penanaman Nanas dan sejumlah tanaman lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga ruang untuk terjadinya kebakaran sangat kecil kemungkinannya, ujar syamsuar.

Menyangkut dengan kemampuan pohon Gerunggang  yang sempat dikatakan oleh Gubri dapat sebagai salah satu Alternatif untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla.

"Media dan sejumlah rekan-rekan media lainnya berupaya melakukan penelusuran ke beberapa lokasi tempat masyarakat membudi daya tanaman jenis pohon Gerunggang.

Yang terletak di Kecamatan Bengkalis, yakni, Desa Wonosari, Desa Air putih, dan Kecamatan Bantan yakni, Desa Pasiran fan Desa Muntai Barat

Khusus penanaman pohon yang terketak di Desa Air Putih jalan lintas Air Putih Selatbaru ini cukup mengkagumkan, karena dilokasi tersebut tidak hanya dilakukan penanaman, bahkan juga lokasi sebagai pembibitan pohon Gerunggang.

Yang dilakukan oleh LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) bersama dengan Yayasan  Solidaritas Pemuda Melayu Peduli Lungkungan RepublikI indonesia (Y-SPMPL- RI).

Menurut Sekretaris Yayasan SPMPL-RI, Moh.Kusmayadi, mengatakan bahwa merupakan salah seorang dari penggagas pengembangan dan pengayaan bibit budidaya pohon Gerunggang kepada tim media yang datang, ujarnya.

Membenarkan kalau kayu Gerunggang, apabila sudah besar mampu menjadi perisai dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran.

lanjutnya lagi, ia mengaku kalau kemampuan mengikat air dalam jumlah sangat besar, sehingga membuat kondisi tanah gambut yang di tanami dengan kayu Gerunggang dibawah pohon senantiasa dalam keadaan lembab.

Dulunya di zaman tahun delapan puluhan, kita tidak mendengar Riau di landa bencana kebakaran hutan dan lahan, pada hal orang-orang tua kami dulunya, untuk membuka lahan perkebunan rata-rata dengan cara penebangan hutan hingga puluhan hektar, tuturnya.

Hampir setahun kemudian setelah kayu-kayu di tebang kering, mereka lantas membakarnya. Sedangkan kiri kanan lahan yang di bakar masih utuh.

Faktanya kiri kanan lahan yang tidak terjadi rembesan atau api dari lahan yang di bakar tidak mampu menjalar ke kawasan hutan yang masih utuh, tutupnya.

Reporter : ER

 

 

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :