Mendagri Instruksikan Kesbangpolimas Riau Jaga Daerah Perbatasan

Mendagri Instruksikan Kesbangpolimas Riau Jaga Daerah Perbatasan

PEKANBARU, RanahRiau -Kepala Kesbangpolinmas se-Indonesia diberikan delapan intruksi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Setiap daerah wajib menjalankan arahan serta instruksi yang diberikan tersebut, termasuk Provinsi Riau.

“Pertama,  Mendagri meminta agar jajaran Kesbangpolinmas mengindentifikasi dan memeriksa, seluruh pulau-pulau terluar dari gangguan imigran gelap, yang akan tinggal di pulau itu secara ilegal. Kedua , setiap daerah wajib melakukan pengawasan di wilayah perbatasan yang rawan dengan keluar masuknya Narkoba dan warga negra asing. Lalu ketiga, Kesbangpol harus menjadi SKPD terdepan bagi gubernur terhadap update data-data setiap hari,” terang Kepala Kesbangpolimas Riau Nizzamul, Kamis (12/2).

Dikatakan Nizzamul, poin keempat tak kalah penting, Mendagri meminta agar Kesbangpolimas harus selalu berkoordinasi dengan intel-intel dari seluruh instansi yang ada.

"Beliau juga meminta agar dalam pelaksanaan Pilkada serentak, Badan Kesbangpol dapat memberikan pertimbangan kepada gubernur, mengenai calon pejabat bupati/walikota. Beliau juga menginginkan Kesbangpol ikut memantau BUMD. Kesbangpol juga harus melakukan pemetaan (mapping) daerah, dengan segala bentuk permasalahannya, dalam rangka melakukan deteksi dini. Dan terakhir Kesbangpol diwajibkan mendata konflik setiap kabupaten/kota dengan update,” paparnya.

Nizzamul mengatakan, atas arahan Mendagri tersebut,  Kesbangpol aakan berkoordinasi secepatnya dengan stake holder yang ada. Selain itu, intruksi tersebut juga wajib disampaikan langsung ke Plt Gubernur Riau h Arsyadjuliandi Rachman. (Bid)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :