Tawarkan Program Maps, Google kini Menyapa Kaum Difabel

Tawarkan Program Maps, Google kini Menyapa Kaum Difabel

RanahRiau.com- Google Maps baru saja meluncurkan sebuah inisiatif baru mengajak para penggunanya dari seluruh penjuru dunia untuk memberi informasi yang jelas terkait fasilitas dan aksesibilitas bagi para difabel.

Pengguna Maps bisa memberikan jawaban dari lima pertanyaan yang berhubungan dengan aksesibilitas bagi difabel di lokasi tertentu. Salah satu contoh pertanyaannya yaitu, Apakah terdapat kursi roda pada akses pintu masuk? Kemudian, jawaban akan terlihat pada Maps.

Dilansir Mashable, inisiatif Google Maps tersebut dirancang oleh teknisi Maps bernama Sasha Blair-Goldensohn yang juga merupakan seorang pengguna kursi roda. Maps mulai memasukkan informasi aksesibilitas difabel ini sejak akhir tahun lalu. Pengguna Android dapat secara aktif mencari lokasi yang dibutuhkan lengkap dengan informasi aksesibilitas.

Bagi Anda yang ingin menambahkan informasi aksesibilitas di kota Anda caranya cukup mudah. Pastikan fitur Location History pada ponsel Anda berada dalam modus hidup. Lalu, pilih "Your contibution" yang terdapat pada sisi kiri atas menu. Kemudian, pilih "Answer questions about a place" untuk menjawab pertanyaan ketersediaan akses bagi difabel di kota Anda. 

Google juga meluncurkan sebuah serial di YouTube berjudul Rolling On untuk menyoroti isu aksesibilitas di dunia. Serial ini bertujuan untuk membuka mata dunia tentang tantangan yang dialami oleh para difabel khususnya pengguna kursi roda di tempat-tempat yang tidak memiliki akses tertentu bagi mereka. Dua episode pertama yang telah dinggah mengambil lokasi di Chicago dan Indonesia.

(Republika.co.id)

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :