Pakai Baju Adat, Presiden Jokowi pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda PHR

Pakai Baju Adat, Presiden Jokowi  pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda PHR

Foto: Ist

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM- Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang digelar di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan yang dilansir dari siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Kepala Negara tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.15 WIB dengan mengenakan pakaian adat. Presiden langsung menyapa dan bersalaman dengan para pejabat yang mengikuti upacara di Lapangan Garuda. Antara lain, tampak Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Presiden juga bersalaman dengan peserta upacara yang merupakan pemerintah daerah setempat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun sempat melayani permintaan foto selfie dari para peserta upacara.

Setelahnya, sekitar pukul 07.30 WIB, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 dimulai. Bertindak selaku Komandan Upacara yakni Kombespol Andri Ananta Yudistira yang merupakan Direktur Reskrimum Polda Jambi. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi. Setelahnya, dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Kemudian Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti membacakan naskah pembukaan UUD 1945.

Adapun seluruh peserta upacara kali ini hadir dengan mengenakan pakaian adat. Para menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir dalam upacara di Lapangan Garuda Pertamina, antara lain, Menko polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Hadir pula Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Selain itu, Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah dan Direktur Utama Pertama Nicke Widyawati juga tampak hadir. Tampak pula mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno yang mengikuti upacara secara daring dengan tetap memakai pakaian adat.

 

Editor : Abdul
Sumber : kompas
Komentar Via Facebook :